Bogor (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memuji program andalan Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin, Satu Miliar Satu Desa (Samisade).

"Dua kata untuk Bupati Bogor, Ibu Ade Yasin, yaitu cerdas dan tepat. Cerdas dalam berpikir tepat dalam melangkah, karena infrastruktur di desa itu memang sebuah masalah yang hampir dihadapi seluruh desa di Indonesia," ungkap Abdul Halim dalam acara Indonesia Forward yang disiarkan oleh sebuah media Indonesia di Jakarta, Kamis.

Ia berharap program bantuan keuangan desa tersebut dapat menyelesaikan masalah-masalah infrastruktur mulai dari ruang lingkup terkecil, yakni tingkat desa.

"Dengan Samisade, saya yakin dalam satu periode kepemimpinan, pasti banyak yang dilakukan dan pasti dapat menggembirakan masyarakat Kabupaten Bogor," ujarnya.

Baca juga: Bupati Bogor resmikan jalan di Kawasan Puncak

Baca juga: Bupati Bogor ingin hapus empat desa tertinggal dengan Samisade


Abdul Halim mengapresiasi Ade Yasin lantaran telah mengambil langkah yang tepat. Ia meminta daerah-daerah lain mencontoh Kabupaten Bogor yang melakukan pembenahan infrastruktur dari tingkat desa.

"Saya pamerkan ke desa-desa lain, desa lain akan melihat dan akan mencontoh keberhasilan serta memodifikasi sesuai kebutuhan masing-masing. Saya mohon dengan sangat Bupati Bogor dapat mengakomodasi ketika banyak desa atau kabupaten lain yang datang ke Bogor untuk meniru konsep ini," kata Abdul Halim.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin di tempat yang sama menyebutkan bahwa Samisade menjadi andalan dalam menyelesaikan persoalan infrastruktur di desa.

“Samisade ini dilaksanakannya harus dengan perencanaan desa. Artinya, ada musyawarah desa terlebih dahulu," kata Ade Yasin.

Tahun ini Pemkab Bogor telah menganggarkan Rp318,5 miliar dari APBD Kabupaten Bogor untuk program Samisade 356 desa guna menstimulasi pembangunan infrastruktur desa.

"Jadi desa serentak membangun, dengan begitu Indeks Desa Membangun kita nanti akan tinggi. Mudah-mudahan indeks kepuasan masyarakat meningkat, ekonomi menjadi tinggi, karena dampak Samisade ini luar biasa," ujarnya.

Kemudian pada tahun 2022 Pemkab Bogor kembali menganggarkan program Samisade dengan nilai yang lebih besar, yakni Rp392 miliar. Angka tersebut mendominasi program pemulihan ekonomi yang secara keseluruhan dianggarkan senilai Rp520 miliar.*

Baca juga: Bupati Bogor: Program Satu Miliar Satu Desa demi pulihkan ekonomi

Baca juga: Bupati Bogor luncurkan program Satu Miliar Satu Desa

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021