Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah 2 mengusulkan sebanyak 15 gedung sekolah direnovasi total kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk anggaran tahun 2022.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah 2 Abd Rachem mengatakan, 15 sekolah tersebut diusulkan lantaran mengalami kerusakan pada struktur bangunan sehingga harus direnovasi total.

"Kalau sudah (kerusakan) struktur bangunan, harus (renovasi) total." kata Rachem saat dikonfirmasi, Jumat.

Rachem merinci, dari 15 sekolah yang rusak dan telah direkomendasikan ke Disdik DKI untuk direnovasi total tersebut terdiri dari 7 gedung Sekolah Dasar, 6 SMP dan masing-masing 1 gedung SMA dan SMK.

Sekolah-sekolah yang rusak itu berada di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah 2 yang tersebar di enam kecamatan, yakni, Setiabudi, Pancoran, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Tebet, dan Kebayoran Baru.

Dia menambahkan bahwa pada tahun 2021 ada sebanyak 20 gedung sekolah yang direncanakan memerlukan renovasi berat karena mengalami kerusakan di bagian atap, lantai dan dinding.

Baca juga: Penundaan rehab 30 sekolah karena anggaran dipangkas
Baca juga: Gedung SMAN 96 di Jakbar roboh saat proses perbaikan


Namun demikian rencana itu tertunda karena adanya pengalihan anggaran untuk penanganan COVID-19.

"Kalau renovasi berat itu kita usulkan tahun 2020, pelaksanaannya 2021, tapi hanya satu sekolah yang selesai," katanya.

Adapun anggaran untuk merenovasi sekolah dengan status berat menjadi tanggung jawab pada Suku Dinas, sementara anggaran untuk sekolah-sekolah berstatus rehab total berasal dari Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta.

"Jadi ini (sekolah untuk direhab total) kita usulkan ke Dinas Pendidikan untuk di tahun 2022," ungkapnya.

Rachem berharap usulan tersebut dapat terealisasi setelah tertunda pada tahun 2021 karena adanya pengalihan anggaran ke penanganan pandemi COVID-19.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021