Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan tiket gratis ajang Wolrd Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) kepada warga setempat.

Pantaun wartawan ANTARA, Emil panggilan akrab Ridwan Kamil itu datang bersama rombongan dan naik ke atas bukit yang sempat "viral" depan Sirkuit Mandalika. Warga yang sedang menyaksikan balapan dari atas bukit kaget dan tidak menyangka yang datang adalah Gubernur Jawa Barat.

Ia kemudian mengobrol dengan warga sambil melihat balapan dan menawarkan tiket gratis, sontak warga di atas bukit angkat tangan.

Baca juga: Ridwan Kamil nonton balapan dari bukit "viral" Mandalika

"Mau tiket gratis ada syaratnya, harus hafal Pancasila," katanya.

Beberapa warga yang ditunjuk berhasil menghafalkan Pancasila dan langsung diberikan tiket nonton gratis WSBK Sirkuit Mandalika 2021.

Iman Baihaki yang mendapat tiket gratis dari Gubernur Jabar itu merasa senang, karena bisa menonton balapan WSBK.

"Iya saya senang dapat tiket gratis, terima kasih pak Ridwan Kamil," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar itu mengatakan Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok ini merupakan sirkuit terkeren dan memiliki fasilitas terbaik.

"Sirkuit Mandalika ini keren, dan ternyata bagus juga dilihat dari atas bukit ini," katanya.

Penyelenggaraan balap IATC dan WSBK ini digelar setelah kasus COVID-19 turun, antusiasme warga NTB menyambut balapan di sirkuit ini cukup tinggi.

Baca juga: Penonton WSBK jalani prokes COVID-19 ketat sebelum ke sirkuit

Baca juga: Inspeksi trek selesai, MGPA pastikan WSBK-IATC digelar sesuai jadwal


"Karena harga tiket yang terlalu tinggi, banyak warga tidak bisa masuk. Tetapi, warga bisa melihat balapan dari atas bukit ini," katanya.

Ridwan Kamil berharap dengan adanya Sirkuit Mandalika di area wisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan membawa dampak bagi masyarakat.

"Semoga Mandalika ini bisa maju, yang peting warga di sekitarnya bisa sejahtera," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021