Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita pada Jumat (19/11) yang masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari penonton World Superbike (WSBK) menjalani protokol kesehatan (prokes) ketat sebelum ke sirkuit hingga penerapan PPKM Level 3 disertai kewajiban vaksin.

Berikut ringkasan sejumlah berita pada Jumat:

1. Penonton WSBK jalani prokes COVID-19 ketat sebelum ke sirkuit

Ratusan penonton World Superbike (WSBK) Mandalika yang akan memasuki Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), harus menjalani protokol kesehatan (prokes) COVID-19 secara ketat.

Berdasarkan pantauan di lapangan pada Jumat (19/11) di parkir barat Bazar Mandalika -- yang menjadi pintu utama selain pintu parkir timur sebelum memasuki areal sirkuit -- para penonton diwajibkan terlebih dahulu melakukan scanner aplikasi Peduli Lindungi.

Setelah mendapat akses itu, baru petugas di pintu masuk mengizinkan penonton untuk memasuki areal ruang tunggu. Di sini kemudian penonton melakukan tes rapid antigen dan usap PCR.

2. Mensos antar bantuan kemanusiaan ke lereng Sibolangit

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengantar bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam di Dusun 3 Desa Rumah Kinangkung, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat pagi.

"Bapak ibu tidak usah lagi memikirkan kebutuhan makanan dan lain-lain, saya dibantu camat dan lurah, kita siapkan cadangan makanan dan ada bantuan," kata Tri Rismaharini saat meninjau pengungsi di Dusun I Rumah Kinangkung.

3. Wali kota ingatkan penerima beasiswa terus berbakti kepada orang tua

Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution mengingatkan 300 penerima beasiswa kurang mampu yang melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas untuk terus berbakti kepada orang tuanya.

"Jadikan orang tua sebagai penyemangat setiap kegiatan kita, agar hidup kita senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT," ujar Bobby di Medan, Kamis.

4. Pemprov apresiasi 15 putra Papua lulus dari Nusa Flight Institute

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengapresiasi sebanyak 22 pilot dan instruktur penerbangan lulus dari Nusa Flight Institute di mana 15 di antaranya merupakan orang asli Bumi Cenderawasih.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam siaran pers di Jayapura, Kamis, mengatakan wisuda siswa-siswi Bumi Cenderawasih tersebut sebagai wujud pencapaian tujuan strategis kebijakan otonomi khusus, dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai baik kualitas maupun kuantitas.

5. Penerapan PPKM level 3 saat Natal dan Tahun Baru disertai wajib vaksin

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 disertai dengan kewajiban vaksin.

Muhadjir mengatakan sesuai dengan arahan Presiden, pada liburan Natal dan Tahun Baru 2022 tidak diadakan penyekatan. Namun, orang yang bepergian harus dalam keadaan sehat dengan cara memastikan status vaksinasi yang bersangkutan serta melalui hasil tes usap.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021