Kami memperkirakan peluang pemotongan RRR (Reserves Replacement Ratio) meningkat pesat dalam beberapa bulan ke depan, tetapi kami masih melihat kemungkinan penurunan suku bunga cukup kecil
Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China di bursa utama Shanghai ditutup lebih tinggi pada Senin, dengan saham semikonduktor dan energi baru memimpin kenaikan, karena investor mendukung upaya bank sentral untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pengendalian risiko.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai menguat 0,61 persen atau 21,71 poin menjadi menetap di 3.582,08 poin, sedangkan indeks saham-saham unggulan CSI300 terkerek 0,46 persen atau 22,34 poin menjadi berakhir pada 4.912,40 poin.

Bank sentral China mengatakan pada Jumat (19/11/2021) bahwa mereka akan menjaga kebijakan moneter yang hati-hati “fleksibel dan tepat sasaran”.

Nomura mengatakan beberapa perubahan dalam kata-kata dari laporan implementasi kebijakan moneter kuartal ketiga bank sentral China (People’s Bank of China’s/PBOC) mewakili perubahan resmi pada sikap kebijakan bank sentral dan mengatur panggung untuk pelonggaran moneter dan kredit yang lebih menentukan.

"Kami memperkirakan peluang pemotongan RRR (Reserves Replacement Ratio) meningkat pesat dalam beberapa bulan ke depan, tetapi kami masih melihat kemungkinan penurunan suku bunga cukup kecil," kata Nomura dalam sebuah catatan.

China mempertahankan suku bunga pinjaman acuan untuk pinjaman perusahaan dan rumah tangga untuk bulan ke-19 pada penetapan November pada Senin, sejalan dengan ekspektasi pasar.

Baca juga: Mata uang Asia melemah awal pekan, namun yuan menguat atas dolar

PBoC juga mengatakan melihat risiko di pasar properti secara umum terkendali.

Pengembang real estat merosot 4,0 persen, mundur dari lonjakan sesi sebelumnya yang dipicu oleh spekulasi pelonggaran kebijakan.

“Kami belum melihat perubahan tajam dalam pembatasan properti yang sedang berlangsung,” kata Nomura.

“Kami percaya yang terburuk untuk pasar properti dan ekonomi secara keseluruhan belum datang, dan baru kemudian (mungkin pada musim semi 2022) kami akan melihat beberapa perubahan nyata pada pembatasan properti."

Papan start-up ChiNext dan STAR Market yang berfokus pada teknologi masing-masing naik lebih dari 2,0 persen.

Saham semikonduktor dan energi baru masing-masing melonjak 5,1 persen dan 3,6 persen.

Baca juga: Saham China ditutup menguat, indeks Shanghai terangkat 1,13 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021