diikuti para peserta dari klub-klub arung jeram organisasi Federasi Arung Jeram Indonesia
Jambi (ANTARA) - Festival Geopark Merangin melalui kegiatan "GEO-FUN Rafting 2021" menjanjikan keseruan yang memacu adrenalin sekaligus menyisir keindahan geopark di aliran Sungai Batang Merangin di Renah Pembarap Kabupaten Merangin Provinsi Jambi pada 1-3 Desember 2021.

"Awalnya GEO-FUN Rafting 2021 ini diagendakan digelar pada 17-18 November 2021, tapi diputuskan ditunda pelaksanaannya dan akhirnya digelar pada 1-3 Desember 2021 mendatang," kata Sekretaris Daerah Pemkab Merangin Fajarman di Bangko Kabupaten Merangin, Selasa.

Pemerintah Kabupaten Merangin sebagai tuan rumah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi menggelar hajatan akbar untuk mengangkat pariwisata unggulan dan memperkenalkan warisan dunia geopark Merangin itu.

Sebagai tuan rumah, Pemkab Merangin telah melakukan persiapan. Bupati Merangin H Mashuri dan Sekda Fajarman melakukan rapat koordinasi persiapan acara "GEO-FUN Rafting 2021" untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

GEO-FUN Rafting 2021 jelas Sekda, akan diikuti para peserta dari klub-klub arung jeram organisasi Federasi Arung Jeram Indonesia, dari Badan Geologi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan peserta lainnya.

Menariknya GEO-FUN Rafting 2021 juga akan diikuti para pewarta dari dalam dan luar negeri. GEO-FUN Rafting 2021 tersebut, akan mengambil start di Desa Air Batu dan "finish" di Teluk Wang Sakti di aliran Sungai Batang Merangin.

"Kita harapkan semua lapisan masyarakat Kabupaten Merangin bersama-sama menyukseskan hajatan akbar tersebut. Kita padukan dengan potensi dan kearifan lokal," kata Fajarman.

Hajatan GEO-FUN Rafting 2021 terang Sekda, akan menggaungkan Geopark Merangin ke mata dunia. Diharapkan melalui kegiatan dan publikasi yang dilakukan, dapat mendorong tim assessor dari UNESCO mendapat informasi dan menggali potensi yang dimiliki Geopark Merangin.

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Erwin mengatakan target dari GEO-FUN Rafting 2021 tersebut tercapainya UNESCO Global Geopark (UGG) Merangin-Jambi.

"Makanya kita ajak berbagai potensi dan mitra strategis di Merangin untuk betul-betul serius mempersiapkan acara ini. Kita semua 'all out' melakukan persiapan acara ini. Kondisi sekarang sudah 75 persen, tinggal mematangkan sehingga dapat terlaksana dengan baik," jelas Erwin.

Aktifitas rafting di kawasan Geopark Merangin merupakan salah satu bagian dari daya tarik kawasan wisata geopark di Kabupaten Merangin. Arus Sungai Batang Merangin menjanjikan tantangan dan keseruan bagi para peserta olahraga yang memacu adrenalin tersebut.
Baca juga: IPDN teliti Geopark Nasional Merangin
Baca juga: Festival geopark Merangin Jambi 2017 resmi dibuka
Baca juga: Indonesia promosi geopark di konferensi UNESCO


 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021