Manado (ANTARA) - Menpora Zainudin Amali menjalin silaturahmi dengan Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia (ISORI) Sulawesi Utara (Sulut) di Manado, Selasa sekaligus sosialisasi Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Salah satu tujuan dari agenda ini adalah bersilaturahmi dan berdiskusi dengan ISORI daerah. Dan ternyata di Sulut sudah ada," kata Menpora Zainudin Amali.

Menurut dia, ISORI merupakan salah pihaknya yang diharapkan mampu menjadi bagian dari suksesnya pelaksanaan DBON. Apalagi pendataan jumlah anggota hingga saat terus dilakukan. Tercatat ada 11 ribu anggota yang sudah terdaftar.

"Kalau dibanding dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), saya yakin kalau terdata benar-benar, maka ISORI paling banyak anggotanya," katanya menambahkan.

Baca juga: Isori dukung DBON dengan cara sertifikasi tenaga olahraga di Indonesia
Baca juga: Menpora optimistis DBON berjalan maksimal dengan sinergi pusat-daerah


Pria asal Gorontalo itu menjelaskan banyaknya jumlah anggota ISORI tidak lepas dari guru olahraga. Menpora menilai saat ini banyak guru mulai dari tingkat SD sudah menggenggam ijazah sarjana olahraga.

Lebih lanjut, Menpora Amali menjelaskan, dengan adanya wadah yang terhubung dari pusat hingga daerah diharapkan bisa mengawal program yang saat ini terus digalakkan yang salah satu fokusnya untuk melahirkan atlet potensial.

"Kalau Perpres 86 ini tidak dipahami apalagi oleh anggota ISORI itu sendiri, maka keberadaan organisasi ini harus kita pacu kembali untuk akselerasi program-program," katanya menegaskan.

Dalam DBON atau biasa disebut pabrik prestasi , Kemenpora tidak bekerja sendiri dan bersinergi dengan induk organisasi cabang olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) hingga Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Untuk tahap awal ada 14 cabang olahraga yang masuk dalam prioritas DBON, di antaranya atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

Sementara itu, Ketua ISORI Prof Dr Syahrial Bakhtiar menyampaikan terima kasih kepada Menpora yang telah berkesempatan bersilaturahmi  dan memberi motivasi kepada anggota ISORI Sulut.

Baca juga: Menpora: Jabar jadi yang utama dalam Desain Besar Olahraga Nasional
Baca juga: UNM siap bantu Menpora sukseskan Desain Besar Olahraga Nasional

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021