Kami tergerak untuk membantu pelaku UMKM dengan cara menghadirkan Gelis yang didesain secara khusus untuk dapat dijadikan kendaraan listrik niaga yang efisien dan ideal untuk pelaku UMKM
Jakarta (ANTARA) - PT Solar Panel Indonesia, produsen kendaraan listrik merek Gelis (Gerobak Listrik), menyatakan dukungannya atas upaya pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik sebagai salah satu upaya dalam penurunan emisi karbon (dekarbonisasi).

Dukungan tersebut antara lain melalui keikutsertaan dalam pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasonal (BRIN) di kantor Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada 24 –26 November 2021.

Sany Yoedo, Deputy Marketing Director PT Solar Panel Indonesia di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa pameran IEMS 2021 menjadi ajang untuk sosialisasi kepada publik tentang berbagai keuntungan dari kendaraan listrik.

Kendaraan listrik efektif untuk menurunkan emisi karbon. Selain itu, menurutnya, kendaraan listrik juga memiliki biaya operasional lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan konvensional (internal combustion engine/ICE).

Sany menegaskan bahwa pihaknya ingin membantu dan mendukung pelaku pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar kembali bangkit dari pandemi Covid-19. Sebagai kendaraan listrik roda tiga, Gelis (gerobak listrik) cocok untuk UMKM.

"Kami tergerak untuk membantu pelaku UMKM dengan cara menghadirkan Gelis yang didesain secara khusus untuk dapat dijadikan kendaraan listrik niaga yang efisien dan ideal untuk pelaku UMKM. Setidaknya ada harapan bahwa motor listrik Gelis ini dapat memberikan kontribusi pada UMKM dalam melakukan recovery di masa pandemi," ujar Sany dalam keterangan tertulis.

Tak hanya soal desain yang mendukung aktivitas niaga, menurutnya, benefit itu terletak dari penggunaan biaya bahan bakar yang lebih efisien. "Dengan menggunakan produk kami, biaya operasional dapat ditekan hingga 75 persen dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar konvesional (BBM). Selain itu, tentu saja kami juga menawarkan after service dan garansi," katanya.

Gelis diklaim sebagai gerobak bertenaga listrik pertama di Indonesia. Secara keseluruhan ada delapan model utama dari Gelis, termasuk produk terbaru "All New Gelis" varian kargo dan pickup. Produk Gelis dibanderol dengan harga mulai Rp20 juta hingga Rp50 juta.

Solar Panel telah membangun pabrik di wilayah Cikeas, Jawa Barat pada 2020 dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 unit per tahun. Hal ini untuk mendukung ekspansi ke seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan juga memiliki 12 dealer yang tersebar di wilayah Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Batam, sampai di Pulau Bali.

Di pameran IEMS 2021, Gelis menghadirkan 5 unit kendaraan elektrifikasi andalan mereka, yakni All New Gelis Cargo warna biru, Gelis 300 pickup warna merah, 2 unit Gelis Mini Jeep warna kuning dan hijau, dan Alll New Gelis Pickup warna putih untuk test ride.

IEMS untuk kali kedua ini diinisiasi oleh BRIN dan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), dan pihak lainnya. Berbeda dengan ajang IEMS 2019, BRIN beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan teknologi digital dengan konsep hybrid exhibition and seminar.

Baca juga: Gelis buka diler baru di Depok, sasar pasar UMKM
Baca juga: Gelis ditawarkan sebagai alternatif permudah mobilitas pelaku UMKM
Baca juga: Motor "Gelis" dukung pemerintah sasar bidang UMKM

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021