Kami mengajak masyarakat turut menjaga lingkungan dan alam sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi generasi mendatang
Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, berkomitmen terus melakukan penanaman pohon di berbagai lokasi sebagai upaya melakukan penghijauan lingkungan.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk turut menjaga lingkungan dan alam sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi generasi mendatang,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Badung, Senin.

Ia mengatakan gerakan merawat bumi salah satunya dengan menggalakkan penanaman pohon adalah salah satu momentum yang harus terus dilakukan bersama-sama dengan mengajak berbagai komponen masyarakat termasuk para generasi milenial.

Baca juga: Pemkab Badung siapkan pengolahan sampah dengan teknologi RDF

Menurutnya, apabila satu pohon saja yang ditanam dapat memberikan banyak manfaat, maka apabila melakukan penanaman ratusan pohon akan memberikan jutaan manfaat bagi generasi penerus.

"Pohon-pohon hanya diam di tempat saja begitu luar biasa manfaatnya jadi kami sebagai umat manusia yang bisa bergerak yang bisa berbicara yang bisa ke mana-mana tidak boleh dikalahkan oleh pohon," katanya.

Bupati Giri Prasta menambahkan, pihaknya akan selalu melakukan penanaman sejumlah pohon seperti tanaman penghasil air, misalnya pohon pule, lateng dan lainnya.

Baca juga: BKSDA Bali telusuri asal owa siamang peliharaan Bupati Badung

Selain itu, Pemkab Badung bersama masyarakat juga akan menanam tanaman penyerap air, seperti pohon bambu di wilayah Badung.

Pohon-pohon yang ditanam di berbagai wilayah tersebut diyakini akan memberikan manfaat 10 tahun, 25 tahun hingga 100 tahun kemudian dan bisa merawat sumber air yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Dinas Perikanan Badung tebar 1,7 juta benih ikan selama 2021

Selain penanaman pohon, Pemkab Badung memiliki program Gertak atau Gerakan Serentak Badung Bersih yang dilakukan setiap bulan di minggu pertama sebagai upaya lain dalam merawat alam.

"Apa yang kami lakukan ini sangat luar biasa, mari terus rawat dam jaga alam ini. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu untuk menjaga alam,” ungkapnya.

Baca juga: Hari Menanam Pohon, Anggota DPRD Gorontalo Utara ajak warga menanam

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021