Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 77 orang

Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 77 orang

Infografis perkembangan kasus COVID-19 Provinsi Kaltim. (ANTARA/Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di Provinsi Kalimantan Timur tersisa 77 orang berdasarkan update kasus harian Senin.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan saat ini dua wilayah di Kaltim yakni Kabupaten Mahakam Ulu dan Kutai Kartanegara berstatus zona hijau atau zero kasus

Sedangkan delapan wilayah lainnya yakni Kabupaten Kutai Barat, Paser, Panajam Paser Utara, Kutai Timur, Kota Samarinda, Bontang dan Balikpapan berstatus zona kuning dengan sebaran pasien positif kurang dari 25 orang.

"Tiga wilayah yakni Paser, Panajam Paser Utara dan Berau berpotensi menyusul jadi zona hijau, karena pasien positif yang dirawat kurang dari 5 orang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 80 orang

Baca juga: Dua wilayah Kaltim berstatus zona hijau COVID-19


Andi menjelaskan berdasarkan update kasus harian telah terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif delapan kasus dan kasus sembuh lima kasus.

Dengan adanya tambahan kasus baru tersebut menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.228 kasus, sedangkan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.699 kasus.

Andi menambahkan untuk kasus meninggal dunia tidak terjadi penambahan kasus baru sehingga jumlah keseluruhan kasus meninggal dunia akibat virus corona di Kaltim masih dalam angka 5.452 kasus.

Menurut Andi, taat protokol kesehatan tetap menjadi faktor penting untuk menekan laju penyebaran kasus selain program vaksinasi.

"Ingat pemerintah pusat juga telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk waspada dengan adanya varian baru COVID-19 Omicron yang telah menaikkan lonjakan kasus di sejumlah negara, tetap patuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari- hari," ujar Andi.*

Baca juga: Mahakam Ulu kembali masuk zona hijau COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 82 orang
Pewarta : Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021