Ketua DPR RI undang parlemen dunia hadiri IPU ke-144 di Indonesia

Ketua DPR RI undang parlemen dunia hadiri IPU ke-144 di Indonesia

Tangkapan layar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara penutupan IPU General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol, Selasa (30/11/2021). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengundang para anggota parlemen dunia untuk menghadiri Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-144 di Indonesia.

“Suatu kehormatan bagi saya untuk memberitahukan kepada seluruh delegasi bahwa DPR RI akan menjadi tuan rumah Sidang IPU ke-144 di Bali, Indonesia, pada tanggal 20-24 Maret 2022,” kata Puan Maharani berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara penutupan IPU General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol, Selasa (30/11).

Puan Maharani juga menyampaikan undangannya melalui penayangan video. Kemudian, ia mendapatkan sambutan hangat dari para anggota parlemen dunia (IPU), termasuk dari Ketua Parlemen Spanyol dan Presiden IPU.

Mereka mengucapkan selamat dan berharap IPU General Assembly ke-144 di Bali dapat berjalan sukses.

Sejumlah anggota IPU pun turut mendatangi meja delegasi Indonesia dan menyampaikan komitmennya untuk datang ke Bali menghadiri Sidang Umum IPU ke-144.

Di samping itu, Puan ikut pula mempromosikan Bali. Ia menyebut Bali merupakan tempat yang tepat untuk pelaksanaan sidang umum IPU sekaligus memiliki keunggulan pariwisata.

“Majelis IPU ke-144 akan menjadi majelis kedua setelah pandemi dan kami tidak bisa memikirkan tempat yang lebih baik untuk bertemu, selain Bali. Delegasi parlemen dapat mengombinasikan antara melaksanakan tugas diplomasi parlemen dan menikmatii keindahan Bali,” ucap dia.

Puan pun menegaskan Indonesia telah membuat kemajuan besar dalam penanganan pandemi COVID-19.

Dengan demikian, ia meminta para anggota parlemen dunia agar tidak khawatir mendatangi Bali. Menurutnya, tingkat vaksinasi penuh sebanyak 2 kali terhadap masyarakat Bali telah mencapai 87 persen dari jumlah penduduknya.

“Saya berharap dapat menyambut Anda di Indonesia dan bekerja sama menuju pertemuan yang memiliki dampak,” tambah Puan.

Di akhir sambutan, Ketua DPR RI ini memberikan salam dalam Bahasa Spanyol dan menegaskan Indonesia siap menyambut delegasi IPU dengan baik.

“Semoga sehat selalu dan sampai jumpa tahun depan di Indonesia. Gracias,” pungkas Puan Maharani.

Baca juga: Puan sampaikan hasil konferensi SDGs dalam Forum Parlemen Dunia
Baca juga: Puan usulkan perdagangan dunia terbuka dan adil di Forum Parlemen G-20
Baca juga: Anggota DPR Supadma: Bali jadi inspirasi dunia implementasi SDGs

Pewarta : Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021