semua dicatat di posko induk di Sukawening, nanti dari sana didistribusikan
Garut (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan bantuan dari pemerintah maupun pihak swasta terus berdatangan untuk membantu meringankan beban masyarakat korban banjir bandang di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah.

"Lumayan banyak, alhamdulillah berdatangan bantuan untuk korban banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Rabu.

Ia menuturkan sejak kejadian bencana banjir bandang melanda Kecamatan Sukawening dan Karangtengah, pemerintah daerah sudah bergerak menanggulangi daerah terdampak bencana dengan menyalurkan bantuan pangan maupun kebutuhan lainnya.

Baca juga: Pemkab Garut siapkan lumbung sosial untuk penanganan korban banjir

Selain itu, lanjut dia, ada juga bantuan dari berbagai pihak seperti dari perbankan, maupun instansi pemerintah dan swasta yang datang langsung ke lokasi terdampak banjir bandang.

Ia menyampaikan pihak yang memberikan bantuan dicatat terlebih dahulu di posko utama yang disiapkan di Kecamatan Sukawening untuk selanjutnya didistribusikan secara merata kepada warga yang terdampak banjir bandang.

"Kami terbuka bagi siapa saja yang mau memberikan bantuan, semua dicatat di posko induk di Sukawening, nanti dari sana didistribusikan," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut fokus bersihkan material kayu di lokasi banjir bandang

Bantuan untuk korban banjir itu di antaranya datang dari Kejaksaan Negeri Garut dengan memberikan bantuan pangan termasuk membuat dapur umum, kemudian bantuan tenaga maupun pangan dari partai politik seperti PDI Perjuangan.

Selain itu ada juga bantuan dari sejumlah pelaku usaha, salah satunya usaha kuliner Waroeng Steak & Shake cabang Garut yang menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Sukawening.

Manager Regional PT Waroeng Steak Indonesia wilayah Jawa Barat Wahid menyatakan perusahaannya selalu aktif memberikan bantuan ketika ada suatu daerah yang terdampak bencana alam, salah satunya banjir bandang yang terjadi di Garut.

Baca juga: Menteri Sosial salurkan bantuan untuk kebutuhan korban banjir di Garut

Ia menyampaikan melalui program CSR Waroeng Peduli itu restoran ternama Waroeng Steak & Shake menyalurkan langsung bantuan berupa kebutuhan pokok masyarakat, dan bantuan lainnya seperti obat-obatan, karpet, kasur, bantal, selimut, dan pakaian baru.

Bantuan itu, kata dia, disalurkan di tiga titik yaitu Kampung Depok dan Kampung Mulabaru yang diterima langsung oleh warga yang terdampak, kemudian di Kampung Munjul yang diberikan kepada masyarakat di tempat pengungsian.

Wahid menyatakan bantuan itu sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan perusahaan dengan harapan bisa meringankan beban hidup masyarakat yang terkena musibah banjir bandang.

"Waroeng Steak & Shake akan selalu berusaha peduli terhadap keadaan darurat yang terjadi di tanah air, sebagai perusahaan yang cabangnya sudah tersebar di berbagai kota, kami berharap di mana Waroeng Steak & Shake berada, di situlah juga ada manfaat dan sumbangsih kita untuk masyarakat setempat," kata Wahid.

Baca juga: Hindari bahaya banjir, Pemkab Garut ungsikan warga di bantaran sungai

Baca juga: Basarnas terjunkan tim siaga bantu warga di lokasi banjir Garut


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021