Polda Metro buka penyekatan di Bundaran Patung Kuda dan Monas

Polda Metro buka penyekatan di Bundaran Patung Kuda dan Monas

Salah satu peserta reuni 212 berjalan melewati barikade penyekatan guna mengantisipasi membludaknya massa reuni 212 di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta, Kamis (2/12/2021). . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya membuka penyekatan arus lalu lintas di kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas Jakarta Pusat, yang sebelumnya ditutup guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212.

"Sudah normal semua sudah dibuka secara bertahap, mulai pukul 14.00 WIB. Menuju Patung Kuda dan sekitarnya sudah dibuka semua, dibuka kembali," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Lima anak di bawah umur hendak ikut Reuni 212 diamankan di Jaktim

Zulpan mengungkapkan pihak Polda Metro Jaya membuka penyekatan tersebut lantaran kawasan Monas dianggap steril dari massa aksi.

"Sudah steril sudah tidak ada. Dari tadi cuma ada di Wahid Hasyim itu saja," ujarnya.

Lebih lanjut Zulpan berharap tidak ada lagi massa yang nekat menggelar aksi di kawasan Monas dan sekitarnya.

"Kita berharap tidak ada yang mebcoba berangkat lagi, sudah normal," pungkas Zulpan.

Baca juga: Aparat keamanan bubarkan massa Reuni 212 di Jalan Wahid Hasyim Jakpus

Diketahui Ditlantas Polda Metro Jaya mensterilkan seluruh kendaraan yang mengarah ke kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas di Jakarta Pusat, guna mengantisipasi kerumunan massa Reuni 212.

aparat kepolisian berjaga di seluruh pintu masuk ke Jakarta, seperti di Jalan Kalimalang, Pasar Jumat, Lenteng Agung, Jalan Raya Bogor, Batu Ceper, dan Jalan Daan Mogot.

Selain di sejumlah lokasi tersebut, filterisasi juga dilakukan di sejumlah titik yang mengarah ke Bundaran Patung Kuda dan Monas, seperti Jalan Semanggi, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan MH. Thamrin.

Sementara itu, jalur protokol sekitar Patung Kuda dan Monas ditutup, meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran, dan Jalan Museum.

Baca juga: Izin aksi di Patung Kuda kewenangan Pemprov DKI
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021