Polda Kalsel vaksinasi 1.307 warga pesisir pedalaman Aluh-Aluh

Polda Kalsel vaksinasi 1.307 warga pesisir pedalaman Aluh-Aluh

Tim vaksinator Polda Kalsel melaksanakan vaksinasi di Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi 1.307 warga pesisir pedalaman Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, yang wilayahnya hanya bisa diakses melalui jalur perairan.

"Ada lima desa yang disasar gelaran vaksinasi kali ini, aksesnya tidak bisa dijangkau kendaraan namun hanya menggunakan perahu atau kapal motor kecil," kata Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Ubaidillah di Banjarmasin, Kamis.

Tim vaksinator yang terdiri dari tenaga kesehatan Bid Dokkes Polda Kalsel dan Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin pun dibagi kelima desa yaitu Desa Handil Bujur, Desa Labat Muara, Desa Terapu, Desa Tanipah dan Desa Aluh-Aluh Kecil Muara.

Baca juga: BIN gencarkan vaksinasi di Medan antisipasi gelombang ketiga COVID-19

Rata-rata lokasi desa tersebut berjarak antara 25 hingga 35 kilometer dari Kantor Kecamatan Aluh-Aluh dengan akses jalan yang tidak mudah. Bahkan tiga desa di antaranya ditempuh menggunakan jalur sungai.

Meski anggotanya penuh perjuangan untuk bisa memberikan suntikan vaksin kepada masyarakat, namun Ubaidillah mengaku bersyukur dan bergembira lantaran jumlah warga yang divaksin melampaui target yaitu 1.000 orang atau masing-masing desa 200 orang.

Tercatat untuk Desa Handil Bujur 304 orang, Desa Labat Muara 241 orang, Desa Terapu 132 orang, Desa Tanipah 347 orang serta Desa Aluh-Aluh Kecil Muara 283 orang.

"Ini sebagai komitmen kami memberikan layanan gerai vaksin presisi yang merata bagi seluruh masyarakat agar pandemi ini segera berakhir dengan semuanya divaksin," timpal Ubaidillah.

Baca juga: Satgas harap "herd immunity" terbentuk karena program vaksinasi
Tim vaksinator Polda Kalsel melaksanakan vaksinasi di Desa Handil Bujur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar. (ANTARA/Firman)


Sementara itu Kepala Desa Handil Bujur Ahmadi mengucapkan terima kasih kepada Polda Kalsel sudah melakukan jemput bola ke wilayahnya untuk melakukan vaksinasi.

"Selama ini vaksin hanya ada di kantor kecamatan yang jaraknya jauh dari desa kami, makanya dengan adanya vaksinasi Polda ini sangat membantu karena warga kami banyak yang belum divaksin," tuturnya.
Pewarta : Firman
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021