Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi lokasi bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk memastikan terdistribusinya bantuan logistik dan meninjau kesiapan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pengungsi.

Menurut keterangan Kementerian Sosial (Kemensos) yang diterima di Jakarta, Minggu, Risma tiba di Kabupaten Lumajang pukul 04.00 WIB dan langsung menuju dapur umum yang didirikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kecamatan Pronojiwo, Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Candipuro.

Dalam perjalanan, Risma sempat beberapa kali berhenti untuk membagikan bantuan makanan dan di tengah hujan deras dia juga turun dari mobil untuk membantu mengais batu dan pasir untuk menutupi lubang di jalan.

Pada peninjauan di Kecamatan Candipuro, Mensos memeriksa daftar pengungsi untuk memastikan kemampuan dapur umum memenuhi kebutuhan pengungsi.

Di kesempatan itu ia mengingatkan posisi dapur umum yang masuk area rawan dan meminta jajaran Kemensos memindahkannya ke lokasi aman.

Kehadiran Mensos untuk melihat dari dekat pemenuhan tugas penanganan bencana dari Kemensos melalui pilar-pilar sosial dan juga untuk memastikan bantuan logistik terkirim ke lokasi bencana.

Atas arahan Mensos, sejak Sabtu (4/12) sore tim tanggap darurat Kemensos telah turun ke lokasi kejadian bencana. Tagana melakukan pendataan terhadap korban, merelokasi kelompok masyarakat rentan, seperti lanjut usia, penyandang disabilitas dan anak-anak ke lokasi yang lebih aman, mendistribusikan bantuan logistik dan mendirikan dapur umum.

Bantuan Kemensos yang telah tiba pada Minggu siang adalah foodware sebanyak 300 paket, kids ware 400 paket, peralatan dapur keluarga 200 paket, tenda gulung 200 lembar, tenda serbaguna merah putih 20 unit, kasur 400 lembar, velbed 20 unit dan makanan anak 240 paket yang berasal dari gudang di Bekasi.

Dari gudang Rehabilitasi Sosial di Magelang dikirim bantuan berupa makanan anak sebanyak 180 paket, family kit 30 paket dan matras 50 lembar.

Melalui gudang Provinsi Jatim matras disalurkan 100 lembar, kids ware 100 paket, paket sandang sebanyak 50 paket, makanan anak sebanyak 250 paket, tenda gulung merah 50 lembar, kasur 50 lembar dan family kit sebanyak 100 paket.

Dari Balai Rehsos Surakarta dikirimkan family kit sebanyak 100 paket, kids ware 80 paket, makanan anak 162 paket, tenda gulung 25 lembar, matras 75 lembar dan peralatan dapur keluarga 12 dus.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021