Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya bersama Bangga Surabaya Peduli membuka Posko Peduli Bencana Alam Letusan Gunung Semeru di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin.

"Semoga mereka (korban letusan Gunung Semeru, red.) selalu dilindungi oleh Allah SWT," kata Juru Bicara Bangga Surabaya Peduli Hari Cahyono di sela-sela membuka Posko Peduli Bencana.

Dia menjelaskan posko ini siap menerima dan menyalurkan bantuan dari warga untuk korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Ia menyatakan ikut prihatin dengan erupsi Gunung Semeru yang melanda Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Ia menyatakan berdoa semoga warga di Lumajang dan Malang itu diberikan kesabaran dan ketabahan.

Oleh karena itu, ia bersama Pemkot Surabaya merasa terpanggil untuk membantu mereka, sehingga dibuka posko peduli bencana itu.

Ia mengajak semua elemen masyarakat yang mempunyai rezeki lebih bersedia menyumbangkan sebagian rezekinya itu untuk meringankan beban mereka yang terkena erupsi Gunung Semeru.

"Bagi siapa saja, warga Kota Surabaya dan luar warga Surabaya yang terpanggil dan tergugah hatinya untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah, bisa menyalurkannya melalui posko peduli bencana alam ini. Demi misi kemanusiaan, mari kita ringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah itu," ujarnya.

Baca juga: Jateng kirim bantuan logistik-sukarelawan penanganan letusan Semeru

Ia memastikan bahwa poko peduli bencana alam ini didirikan mulai hari ini hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Ia mempersilakan warga untuk menyalurkan bantuannya melalui posko tersebut. Bantuan itu bisa berupa uang atau barang.

"Silakan langsung datang ke Balai Kota Surabaya untuk menyalurkan bantuannya, nanti akan didata oleh teman-teman di sini," ujarnya.

Mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya ini, juga memastikan bahwa Pemkot Surabaya sudah mengirimkan bantuan ke lokasi bencana pada Minggu (5/12).

Sebab, ketika Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengetahui bencana tersebut, ia langsung memerintahkan jajarannya untuk mengirimkan bantuan ke lokasi bencana.

"Bantuan logistik yang sudah pemkot kirimkan adalah mi instan sebanyak 60 dus, biskuit sebanyak 17 dus, dan selimut sebanyak 200 lembar," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pemkot mengirimkan 55 personel dan kendaraan berat seperti dua unit truk, satu unit truk dapur umum, dua unit truck water supply, tiga unit truk pemadam, satu unit skywalker, satu unit bronto skylift 44, dan tiga unit pikap.

"Bantuan bencana semacam ini bukan hal baru bagi Pemkot Surabaya, tapi sudah berkali-kali dan hampir setiap ada bencana di Indonesia, Pemkot Surabaya selalu aktif dan tanggap membantu," ujarnya.

Baca juga: Baguna PDIP Surabaya kirim bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru
Baca juga: Bank Mandiri salurkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru
Baca juga: KAI salurkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021