Jakarta (ANTARA) -
Satu pesawat C-130 Hercules milik TNI AU mengirimkan 12 ton bantuan sosial bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Pesawat yang dipiloti Kapten Penerbang Mikko dan Letnan Satu Penerbang Adam itu terbang melalui Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa.

Baca juga: Jokowi beri santunan keluarga korban meninggal dunia dampak Semeru

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah, saat meninjau pemuatan bantuan sosial itu di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusma Jakarta, mengatakan, bantuan sosial ini merupakan bantuan dari Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, ketua umum Dharma Pertiwi dan ketua umum PIA Ardhya Garini.

"Hari ini TNI AU menerbangkan satu pesawat C-130 Hercules membawa 12 ton bantuan berupa barang yang sifatnya mendesak dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak letusan Gunung Semeru," kata Indan dalam siaran persnya.

Baca juga: Tim DVI Polri terima 30 jenazah korban letusan Gunung Semeru

Pesawat C-130 Hercules nomor registrasi A-1318 dari Skadron Udara 31 Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta itu terbang menuju Pangkalan Udara TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang.
 
Setibanya di Pangkalan Udara TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang, bantuan sosial langsung didistribusikan ke sejumlah posko-posko pengungsian yang ada di Kabupaten Lumajang.
 
Bantuan sosial yang dikirim itu berupa makanan siap saji, sembako, obat-obatan, tenda pengungsi, kasur, selimut, karpet dan sejumlah perlengkapan lainnya yang dibutuhkan warga di lokasi pengungsian.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021