Saat ini, pemerintah coba meningkatkan vaksinasi untuk wilayah terluar dan terpencil
Jakarta (ANTARA) - Indonesia kembali menerima dukungan vaksin dari pemerintah Amerika Serikat yang tiba hari Selasa sebagai kedatangan vaksin tahap ke-148 dengan jumlah 1,5 juta dosis vaksin Moderna.

"Hari ini, Indonesia kembali kedatangan vaksin hibah dari pemerintah Amerika Serikat melalui fasilitas COVAX. Kali ini yang datang adalah sejumlah 1.500.100 vaksin Moderna," kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat telah beberapa kali memberi dukungan vaksin kepada Indonesia.

Menurut Nadia, kedua negara telah menjalin kerja sama erat dan akan lebih meningkatkan kerja samanya, termasuk dalam hal penanganan pandemi. "Atas kedatangan ini, Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Amerika Serikat," katanya.

Baca juga: AS akan tambah donasi vaksin COVID-19 untuk Indonesia

Baca juga: Sebanyak 871.650 dosis vaksin Pfizer dari AS tiba di Indonesia


Nadia menambahkan bahwa keamanan stok vaksin di Indonesia sangat penting agar dapat dilakukan distribusi dengan cepat. Menurutnya, penyebaran dan pemerataan vaksinasi menjadi hal penting agar Indonesia bisa lebih terlindungi dari ancaman COVID-19 yang masih terus ada hingga saat ini.

Di dalam negeri, lanjut Nadia, upaya vaksinasi terus digencarkan. "Saat ini, pemerintah coba meningkatkan vaksinasi untuk wilayah terluar dan terpencil, yang memiliki tantangan tersendiri untuk menjangkaunya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Nadia mengingatkan adanya peningkatan penularan COVID-19 di sejumlah negara patut dijadikan alarm bagi semua pihak untuk lebih disiplin lagi melindungi diri dengan vaksinasi maupun disiplin pelaksanaan protokol kesehatan.

"Kepatuhan masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan vaksinasi jadi kunci pengendalian pandemi," katanya.

Baca juga: Indonesia kembali terima dukungan vaksin dari AS, Jepang

Baca juga: AS bantu Indonesia tingkatkan vaksinasi COVID-19

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021