Jakarta (ANTARA) -
Anggota DPR RI Fraksi NasDem H Charles Meikyansah (HCM) mengatakan Partai NasDem memberikan "trauma healing" atau pemulihan dari trauma bagi anak-anak korban erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
 
H Charles Meikyansah (HCM) dalam keterangannya diterima di Jakarta Sabtu, menyebutkan "trauma healing" kepada anak-anak menjadi salah satu fokus bantuan yang diberikan.
 
"Tetap tersenyum ya adik cantik. Masa depan gemilang insyaallah ada di genggaman," kata HCM menghibur anak-anak korban erupsi Semeru di Lumajang.

Baca juga: Baznas salurkan bantuan Rp1 miliar untuk korban bencana Semeru
 
Tidak hanya bantuan materi, hal-hal yang sifatnya rehabilitasi psikis (trauma healing) terus diberikan dengan berbagai metode dan kolaborasi.
 
HCM selaku Ketua DPD NasDem Lumajang bersama dengan rombongan DPD NasDem Kabupaten Probolinggo datang untuk menghibur sekaligus membantu apa yang dibutuhkan warga setempat.
 
NasDem membantu warga dalam bentuk materi, kebutuhan pokok, mendirikan posko darurat, dan dapur umum bagi korban erupsi Semeru.

Baca juga: Pemkot Probolinggo salurkan bantuan untuk korban bencana Semeru
 
Saat turun ke daerah bencana, HCM sempat bertemu dengan salah seorang bocah yang videonya viral. Ketika itu, sang anak sedang berangkat mengaji, namun akhirnya berlarian untuk menyelamatkan diri dari erupsi Semeru.
 
"Masih ingat dengan adik kecil ini, dia adalah salah satu saksi ketika Semeru erupsi," kata HCM saat bertemu Nurfida, salah seorang anak yang ada di video viral tersebut.
 
Sekarang lanjut HCM sang anak bersama keluarga aman dan sedang menetap untuk sementara waktu di Posko Balai Desa Sumbermujur, Candipuro.

Baca juga: Mensos Risma hibur anak-anak pengungsi bencana Gunung Semeru
 
Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial saat Semeru erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021. Dalam video itu, sekelompok anak yang sedang berangkat mengaji berlarian menjauhi titik erupsi.
 
Kini anak-anak tersebut sudah berada di posko pelayanan darurat bersama keluarga tercintanya.
 
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021