Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian terpilih menjadi Ketua Umum DPP Pengajian Al-Hidayah dan akan mengedepankan pendidikan pendidikan karakter dalam memimpin organisasi tersebut.

"Sinergitas bersama dari ibu-ibu Pengajian Al-Hidayah dengan dukungan dari legislatif dan eksekutif. Sinergitas ini juga bentuk dukungan pendidikan karakter yang harus dimulai dari rumah," kata Hetifah dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakan Hetifah usai Muktamar ke VIII Pengajian Al-Hidayah yang dilaksanakan pada tanggal 10-12 Desember 2021 di Jakarta. Muktamar ke delapan ini mengusung tema "Konsolidasi Pengajian Al-Hidayah Memperkuat Sinergi Menuju Kesehatan Pulih, Ekonomi bangkit, Menang 2024".

Hetifah mengatakan visi-misi dirinya berfokus pada empat hal yaitu pertama, memperkuat program dakwah Al-Hidayah dengan memperluas keanggotaan; kedua, melaksanakan program pemberdayaan pendidikan sebagai kekuatan dan "brand pengajian Al-Hidayah.

Ketiga, program pemberdayaan ekonomi terutama ekonomi syariah dan UMKM; dan keempat program kesehatan dengan meneruskan program-program dengan Kementerian Kesehatan yang sudah terjalin dengan baik.

"Program dakwah Al-Hidayah akan mengembangkan teknologi digital dengan melakukan kajian yang dilakukan minimal satu bulan sekali menggunakan aplikasi zoom. Ke depannya juga akan di kembangkan aplikasi Al-Quran digital untuk para ibu-ibu pengajian untuk mendorong keterjangkauan para anggota pengajian Al-Hidayah yang tersebar di seluruh Indonesia," ujarnya.

Hetifah juga akan mendorong pengembangan UMKM dari kalangan perempuan terutama sentra-sentra UMKM saat ini di dominasi perempuan sekitar 55 persen.

Menurut dia, dengan adanya organisasi yang menaungi UMKM, diharapkan UMKM akan lebih tangguh menghadapi gejolak pasar seperti pandemi COVID-19.

"Kami menyadari bahwa yang paling terdampak dari pandemi COVID-19 adalah UMKM dan rumah tangga. Untuk itu, Al-Hidayah nantinya tidak hanya menjadi forum pengajian saja, tetapi juga bisa menjadi motor penggerak perekonomian terutama UMKM sebagian besar didominasi kaum perempuan," ujarnya.

Baca juga: Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel kirim bantuan untuk korban Semeru
Baca juga: Anggota DPR sempat terjebak dalam lift anjlok
Baca juga: Komisi III DPR: Polisi harus sinergi beri konseling korban pemerkosaan


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021