Hindari bekerja dengan model kerja (template) masa lalu, sesuaikan dengan kondisi dan tantangan terkini.
Jakarta (ANTARA) - Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto saat memberi materi pada Apel Komandan Satuan TNI Angkatan Udara, di Jakarta, Senin, mengingatkan para komandan dan pimpinan agar selalu menjadi teladan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, Marsekal Hadi meminta para prajurit selalu memperkaya wawasan dan pengetahuan, agar dapat terus berkembang dan mengetahui masalah-masalah yang aktual.

“Hindari bekerja dengan model kerja (template) masa lalu, sesuaikan dengan kondisi dan tantangan terkini. Selalu perbarui (update) informasi,” kata Hadi Tjahjanto saat memberi materi pada Apel Komandan Satuan TNI AU, di Markas Besar TNI AU, Jakarta.

Ia menyampaikan berbagai perubahan dan kemajuan teknologi merupakan hal yang niscaya, apalagi di tengah Revolusi Industri 4.0.
Baca juga: Marsekal Hadi Tjahjanto doakan Jenderal Andika Perkasa
Baca juga: Marsekal Hadi: Tempatkan TNI sebagai perekat kemajemukan



Oleh karena itu, cara-cara kerja yang inovatif dan menyesuaikan dengan kemajuan zaman dibutuhkan, agar para komandan satuan dapat menghadapi berbagai dampak serta tantangan dari perkembangan teknologi.

Namun tidak hanya itu, ia juga menyampaikan para komandan juga harus memperhatikan masalah-masalah yang dihadapi oleh satuan dan masyarakat.

“Para komandan atau pimpinan harus turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi aktual anak buah, alutsista, dan masyarakat sekitar,” kata dia sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya.

Dalam kegiatan yang sama, Hadi juga mengingatkan para komandan dan pimpinan untuk memberi contoh bekerja yang efektif kepada jajaran prajurit di bawahnya.

Ia menyebut OODA/Observe, Orient, Decide, Act--mengamati, memetakan, memutuskan, dan bertindak--merupakan strategi yang sebaiknya dipakai dalam menjalankan tugas, terutama saat ada banyak tugas yang diberikan untuk diselesaikan.

Usai menyampaikan materi kepada para komandan satuan, Hadi menerima Piagam Penghargaan TNI AU yang diserahkan langsung oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Di samping Kasau, apel komando satuan turut dihadiri oleh Wakil Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI A Gustaf Brugman, Irjenau, serta para pejabat TNI AU, dan para komandan satuan TNI AU dari berbagai daerah di Indonesia.
Baca juga: Marsekal Hadi bagikan kisah hidup saat jabat Panglima TNI dalam buku
Baca juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa lanjutkan program Marsekal Hadi

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021