Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) meraih penghargaan untuk kategori pimpinan DPR yang humanis dan demokratis dalam perhelatan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Award 2021.

Acara yang mengusung tema "Koordinatoriat Wartawan Parlemen Dukung DPR RI Menjadi Parlemen Modern" itu berlangsung di Media Center Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Dalam pidatonya, Gus Muhaimin sangat menyambut baik sinergi antara KWP dengan institusi DPR, pimpinan, dan anggota DPR sebagai upaya untuk terus mengambil peran masing-masing lebih optimal dan menjadikan tugas DPR lebih produktif dan memiliki kontribusi positif bagi pembangunan bangsa, terutama pembangunan demokrasi.

"DPR sebagai salah satu pilar utama demokrasi adalah pondasi yang penting untuk terus dikuatkan, dioptimalkan peran fungsi dan manfaatnya bagi negara, bangsa, rakyat dan masyarakat. Karena, kalau DPR kuat, parlemen kuat sama dengan memperkuat pondasi dasar demokrasi bangsa," kata Gus Muhaimin melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kiprah dan sepak terjang Gus Muhaimin yang selama ini cukup getol memperjuangkan humanisme dan penegakan demokrasi di Tanah Air.

Ia mengatakan 23 tahun jalannya reformasi perlu untuk terus dievaluasi sebagai sarana untuk terus menguatkan, mengokohkan demokrasi sebagai cita-cita reformasi untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.

"Kawan-kawan KWP tentu memiliki fungsi untuk menjadi pilar demokrasi bersama DPR RI dalam kerangka untuk membangun dan bersinergi mewujudkan parlemen yang lebih akuntabel, transparan, memiliki kekuatan untuk menjadi penopang demokrasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan wartawan dan media menjadi pondasi yang penting bagi pilar demokrasi.

Oleh karena itu, ia menilai KWP Award 2021 sebagai bagian dari motivasi dorongan kepada para anggota DPR untuk terus mengabdi, berbakti, dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Kita semua mendukung langkah-langkah KWP untuk terus berupaya dan berusaha bersama DPR mewujudkan Indonesia yang maju, parlemen yang modern, dan demokrasi yang berkeadilan," kata Gus Muhaimin.

Sementara itu, Ketua KWP Marlen Erikson Sitompul mengatakan KWP Award 2021 diberikan sebagai bentuk apresiasi dan harapan agar DPR RI bisa terus bersinergi dengan kalangan media agar seluruh kinerjanya bisa diketahui oleh publik.

"Kami harapkan sinergi antara anggota dewan dengan kawan-kawan media, khususnya KWP ke depan bisa semakin baik dengan tujuan demi kebaikan kita bersama," ucapnya.

Baca juga: Gus Muhaimin: Peran wartawan parlemen sangat penting angkat citra DPR

Baca juga: Muhaimin minta izin Jokowi gelar konser band metal VoB di istana

Baca juga: Muhaimin: Belum ada pembicaraan terkait koalisi di Pilpres 2024

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021