Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) BUMN Provinsi Papua menyalurkan bantuan bahan pokok senilai Rp54 juta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sebagai bentuk kepedulian terhadap warga korban banjir dan longsor Jayapura.

Wakil Koordinator Satgas BUMN Provinsi Papua Sugeng Widodo dalam siaran pers di Jayapura, Ahad, mengatakan bantuan yang dihimpun dari PLN dan BNI tersebut rencananya akan langsung digunakan untuk mencukupi kebutuhan dapur umum bagi masyarakat korban banjir serta longsor.

"Kami dari Satgas BUMN mengucapkan terima kasih kepada PLN dan BNI yang sudah memberikan bantuan," katanya.

Menurut Sugeng, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada BPBD Provinsi Papua yang membantu untuk menyalurkan bantuan tersebut.

Baca juga: Wali Kota Jayapura minta warga di lereng gunung mengungsi sementara

Baca juga: Personel Kodim Jayapura bantu evakuasi korban banjir di Nimbokrang


"Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan mudah-mudahan bencana ini segera berakhir," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan Evakuasi Penanganan Pengungsi dan Logistik Satpol PP serta Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua Paminto Widodo mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Satgas BUMN atas respon cepatnya terhadap kondisi yang terjadi.

"Terima kasih kepada Satgas BUMN Provinsi Papua yang telah memberikan bantuan untuk korban bencana di Jayapura yang langsung akan didistribusikan ke Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Kota Jayapura," katanya.

Sekadar diketahui, selain bantuan tersebut, beberapa BUMN juga telah menyalurkan bantuannya secara langsung ke lokasi-lokasi banjir dan longsor di Jayapura.

Hingga kini, total bantuan senilai Rp186 juta telah disalurkan oleh BUMN di Provinsi Papua untuk korban bencana banjir dan longsor Jayapura.

Satgas BUMN akan terus mengupayakan bantuan dari BUMN di Papua sehingga dapat terus disalurkan hingga kondisi kembali pulih. 

Satgas BUMN telah menyediakan Posko Tanggap Bencana BUMN berada di Kantor PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Jl. Ahmad Yani No. 18 Jayapura.*

Baca juga: 7.005 warga Kota Jayapura terdampak bencana

Baca juga: 240 Rumah warga di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura terendam banjir

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022