Intinya kami bantu PKL, sekaligus kampanye untuk ayo belanja di warung-warung UMKM...
Semarang (ANTARA) -
Komunitas UMKM binaan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berkeliling ke beberapa daerah di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membantu para pedagang kaki lima (PKL) dengan cara memborong barang dagangan mereka.

"Program ini dikemas dalam rangkaian 'usAHA on The Road' yang sudah dilakukan di Kota Semarang dan akan dilakukan di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kota Solo, kemudian DI Yogyakarta, setelah berlangsung di Jswa Barat akhir tahun lalu," kata Koordinator UMKM usAHA Kota Semarang Ongki Vernanda di Semarang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa bentuk kegiatan yang dilakukan adalah "usAHA Borong Usaha" di mana tim akan berhenti di satu titik tempat berkumpul pedagang kaki lima dan memborong dagangan mereka untuk dibagikan pada masyarakat secara gratis.

"Intinya kami bantu PKL, sekaligus kampanye untuk ayo belanja di warung-warung UMKM karena selain bermanfaat untuk pedagang, hal ini bermanfaat juga untuk warga, bisa 'nyicipin' gratis dagangan dari para PKL ini. Siapa tau ke depan jadi langganan," ujarnya.

Baca juga: Menteri PUPR ingin angkat kesejahteraan UMKM PKL lewat Kantin Layang

Ia menyebutkan kegiatan borong usaha di Kota Semarang berlangsung di dua titik yakni di Taman Tirto Agung, Pedalangan, dan di depan Gedung GRIS, Jalan Gemah, Pedurungan.

Menurut Ongki, komunitas UMKM usAHA telah terbentuk di Kota Semarang sejak satu tahun lalu dan hingga saat ini tercatat ada 830 UMKM yang sudah tergabung.

"Kegiatan ini sejalan dengan program pembina kami Pak Airlangga Hartarto untuk mendorong pemulihan di masa pandemi saat ini, apalagi kan UMKM ini ya pilar ekonomi bangsa," katanya.

UMKM usAHA adalah komunitas UMKM binaaan Airlangga Hartarto yang kegiatannya berfokus pada pemberdayaan UMKM.

Tidak hanya "usAHA Borong Usaha", komunitas tersebut juga memiliki program lain, seperti pelatihan "WirausAHA Maju", "usAHA Bantu Usaha" yang bertujuan untuk membantu masalah permodalan, dan "usAHA Kita" yang membantu memlromosikan dagangan UMKM secara digital.

Baca juga: Pemda DIY sebut relokasi untuk memuliakan PKL Malioboro

Bagus Utama (22), mahasiswa asal Kabupaten Kendal ini mengaku sudah sering mendengar soal komunitas UMKM usAHA dan sengaja datang ke lokasi kegiatan usAHA Borong Usaha untuk menikmati kudapan gratis.

Menurut dia, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pedagang kecil, terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Menurut saya, kegiatan ini bagus dan bermanfaat banget karena sangat membantu pedagang kecil, serta membuat masyarakat juga baik karena bisa mencicipi jajanan UMKM kita, terus masyarakat jadi tau kalau Pak Airlangga Hartarto ini punya program khusus untuk meningkatkan UMKM. Di sisi lain, kan masih kondisi pandemi, jadi bisa menolong pedagang kecil lah intinya," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022