Semua dokumen penting di polsek sudah diselamatkan seiring air yang meninggi di Kecamatan Mataraman hari ini
Martapura (ANTARA) - Bencana banjir di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, terus meluas, salah satu yang terdampak adalah Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Mataraman yang turut terendam  pada Kamis.

"Semua dokumen penting di polsek sudah diselamatkan seiring air yang meninggi di Kecamatan Mataraman hari ini," terang Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso di Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis.

Baca juga: Banjir 3 meter di Kabupaten Banjar rendam 2.008 rumah

Dia pun telah menginstruksikan anggota untuk terus berpatroli menyisir lokasi terdampak banjir agar memberikan pertolongan bagi warga yang harus dievakuasi.

"Sedangkan yang masih bertahan di rumah kita distribusikan makanan sembari mengingatkan masyarakat tetap waspada jika sewaktu-waktu air kembali meninggi," katanya.

Baca juga: Banjir di Kabupaten Banjar terus meninggi hingga dua meter
Tim SAR Satuan Brimob Polda Kalsel terjun membantu evakuasi harta benda di Polsek Mataraman yang terendam banjir. ANTARA/Firman/am.


Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar pada Kamis sore pukul 17.50 Wita, ketinggian air di Kecamatan Pengaron mengalami penurunan secara berkala.

Jika pada Rabu (12/1) banjir sempat setinggi 3 meter maka hari ini berangsur surut hanya tersisa 1,3 meter.

Baca juga: TNI bantu evakuasi warga korban banjir di Kabupaten Banjar Kalsel

Sementara Kecamatan Mataraman yang hari ini mulai terdampak banjir ketinggian air mencapai 1 meter. Begitu juga di Kecamatan Simpang Empat, air sudah setinggi 1 meter tepatnya di Desa Sungai Raya.

Tim SAR gabungan yang dikomando BPBD terus melakukan evakuasi warga yang ingin mengungsi dan telah mendirikan dapur umum di beberapa titik untuk memenuhi kebutuhan makanan korban banjir.

Baca juga: Kabupaten Banjar perpanjang status tanggap darurat bencana

Pewarta: Firman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022