Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Kamis yang masih menarik untuk disimak pagi hari ini, mulai dari Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor ke Sirkuit Mandalika hingga persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

Berikut sejumlah ringkasan berita pada Kamis:

1. Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor menuju Sirkuit Mandalika

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor menuju Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Kamis sekitar pukul 10.00 WITA.

Setelah tiba di Bandara Internasional Lombok, Presiden bersama rombongan pejabat pemerintah mengecek kesiapan fasilitas bandara dan kemudian keluar dari terminal kedatangan di bandara.

Dari bandara, Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor custom berwarna hijau metalik menuju ke Sirkuit Mandalika melalui Jalan Bypass Mandalika Lombok untuk melakukan simulasi kedatangan penonton MotoGP.

Baca juga: Jokowi dan Ibu Negara nikmati pemandangan dari Bukit 360 Mandalika

2. Menko PMK ingin proses produksi Vaksin Merah Putih dipercepat

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta otoritas terkait mempercepat proses produksi Vaksin Merah Putih agar produk vaksin COVID-19 buatan dalam negeri bisa segera digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi.

Menurut siaran pers pemerintah yang diterima di Jakarta, Kamis, pengembangan Vaksin Merah Putih saat ini dilakukan oleh Universitas Airlangga bersama PT Biotis, PT Bio Farma bersama Baylor College of Medicine, Universitas Indonesia bersama PT Etana, Institut Teknologi Bandung, PRBM Eijkman BRIN bersama PT Bio Farma, serta Universitas Padjajaran bersama PT Bio Farma dan Lipotek.

Baca juga: Menko PMK ingin proses produksi Vaksin Merah Putih dipercepat

3. Mensos: Kearifan lokal tekan korban jiwa saat bencana

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengemukakan bahwa kearifan lokal masyarakat dapat menekan adanya korban jiwa saat terjadi bencana.

"Kalau kearifan lokal dikedepankan maka akan memperkecil jumlah korban jiwa," ujar dia dalam konferensi pers di GOR Waringin Jayapura, Kamis.

Baca juga: Mensos: Kearifan lokal tekan korban jiwa saat bencana

4. Pemkot Tanjungpinang targetkan per hari 3.500 warga divaksin penguat

Pemerintah Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri menargetkan 2.500 hingga 3.500 warga setempat divaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat per hari terhitung sejak Kamis ini.

"Stok vaksin 'booster' sudah didistribusikan dari Pemprov Kepri, jadi aman," kata Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Elfiani Sandri saat meninjau vaksinasi booster perdana di RSUD Tanjungpinang.

Baca juga: Pemkot Tanjungpinang targetkan pee hari 3.500 warga divaksin penguat

5. Kemenag masih tunggu kepastian penyelenggaraan haji dari Arab Saudi

Kementerian Agama masih menunggu kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi dari Pemerintah Arab Saudi, kendati pelaksanaan ibadah umrah telah dibuka.

"Kepastian tentang ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada Tahun 1443H/2022 Masehi sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Arab Saudi," ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kemenag masih tunggu kepastian penyelenggaraan haji dari Arab Saudi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022