Kami langsung berkoordinasi dengan dinas terkait dan kepolisian, untuk melakukan penanganan cepat
Cianjur (ANTARA) - Jalan utama Puncak-Cianjur, Jawa Barat, terputus akibat pohon berukuran sedang tumbang di Jalan Raya Panembong, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, tidak ada korban jiwa namun antrean kendaraan dari kedua arah memanjang hingga belasan kilometer.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Rudi Wibowo di Cianjur, Senin, mengatakan hujan deras disertai angin kencang, membuat pohon berukuran sedang jenis Rasamala, tumbang menutup seluruh badan jalan, sehingga akses menuju Puncak-Cipanas atau sebaliknya menuju Cianjur terputus sementara.

Baca juga: Jalan penghubung wilayah Cianjur selatan putus akibat pohon tumbang

"Kami langsung berkoordinasi dengan dinas terkait dan kepolisian, untuk melakukan penanganan cepat karena itu merupakan jalur utama antarkota. Untuk mengevakuasi pohon tersebut, kami menggunakan gergaji mesin dan satu unit truk dam," katanya.

Ia mengimbau pengguna jalan yang melintas di jalur utama Cianjur mulai dari wilayah bagian utara hingga selatan, untuk ekstra hati-hati dan waspada terutama saat hujan turun lebat dan tidak memarkir kendaraan di bawah pohon yang rawan tumbang.

Baca juga: Jalur utama Cipanas-Cianjur terganggu akibat pohon tumbang

Baca juga: Jalur utama selatan Cianjur kembali tertutup pohon tumbang


"Kami juga mengimbau pengguna jalan dengan tujuan wilayah selatan, agar selalu waspada karena sebagian besar jalur selatan rawan terjadi bencana longsor. Sedangkan di wilayah utara dan timur masih banyak pohon besar berumur tua yang rawan tumbang," katanya.

Sementara keterangan warga sekitar, untuk kedua kalinya selama dua pekan terakhir, pohon tumbang di jalur tersebut. Bahkan sebelumnya pohon yang tumbang berukuran besar, sempat menutup jalan utama beberapa meter dari lokasi yang terbaru.

"Ini kedua kalinya pohon tumbang, namun yang terbaru berukuran agak sedang, setelah hujan turun deras disertai angin kencang. Tidak ada korban jiwa namun, antrean panjang kendaraan terlihat dari kedua arah, petugas langsung melakukan pembersihan pohon yang tumbang," kata saksi mata warga sekitar Adi (32).

Baca juga: Puting beliung merusak rumah dan sekolah di Cianjur

Baca juga: Pohon tumbang hantam minibus di jalur Cipanas-Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022