Satu kupon bisa ditukarkan dua liter minyak. Mereka sudah mengantre dengan tertib
Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPUMKM) Kota Administrasi Jakarta Selatan mendistribusikan sebanyak 3.000 liter minyak goreng untuk kegiatan operasi minyak goreng murah di Kecamatan Pesanggrahan, Sabtu.

Kepala Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Jakarta Selatan, Dedy Wibowo, di Jakarta, Selasa, mengatakan, distribusi minyak goreng untuk kegiatan operasi minyak goreng murah seharga Rp14.000 per satu liter.

Minyak goreng tersebut berasal dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang didistribusikan ke lima wilayah di Jakarta oleh Dinas PPUMKM DKI Jakarta dan dilakukan secara bergantian di setiap lokasi.

Dedy menjelaskan, dalam pelaksanaannya,  warga mendapatkan kupon dari kelurahan setempat. Lalu kupon tersebut ditukarkan minyak goreng dengan harga di bawah harga pasaran, yakni Rp14.000 per liter.

"Satu kupon bisa ditukarkan dua liter minyak. Mereka sudah mengantre dengan tertib dan pendistribusian saat itu mengedepankan protokol kesehatan," katanya.

Melihat animo masyarakat yang positif, lanjut dia, giat serupa juga direncanakan akan digelar di kecamatan lain melalui kolaborasi berbagai pihak agar operasi berjalan dengan baik.

Diketahui, sejak beberapa bulan menjelang akhir tahun 2021 hingga awal 2022, harga minyak goreng kemasan di Tanah Air termasuk di DKI Jakarta mengalami peningkatan.

Pada periode November-Desember 2021 harga minyak goreng di sejumlah pasar di Jakarta bahkan sempat menyentuh Rp20.000-21.000 per liter.

Berdasarkan Info Pangan Jakarta yang diakses pada 6 Januari 2022 pukul 15.20 WIB, harga rata-rata minyak goreng curah di Jakarta mencapai Rp19.670 per kilogram dan harga tertinggi mencapai Rp22.000 per kilogram di Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Sementara itu, harga acuan penjualan di konsumen sesuai tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020, harga minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp11.000 per liter.

Baca juga: Menko Airlangga: Harga minyak goreng Rp14.000/liter berlaku besok
Baca juga: Pemerintah salurkan 1,2 miliar liter minyak goreng mulai pekan ini
Baca juga: Pemkot Jakpus gelar operasi pasar minyak goreng

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022