Ada touring mobil listrik dari Jakarta ke Lampung, lalu ke Palembang, dan sampai Jambi, dengan melibatkan pembalap nasional Rifat Sungkar
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jambi, yang menampilkan kendaraan listrik produksi dalam negeri turut mendukung Presidensi G20 Indonesia.

"Ini dalam rangka Presidensi G20 Indonesia dan untuk menyambut KTT G20 di Bali," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam peluncuran Gernas BBI di Jambi, ditampilkan kendaraan listrik produksi dalam negeri sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia, yakni transisi energi.

Dalam acara yang digelar di Bandara Sultan Thaha, Jambi, dipamerkan sepeda motor dan mobil produksi lokal.

Luhut menambahkan banyak yayasan luar negeri seperti Rockefeler Foundation dan Bill Gates Foundation, yang menulis surat kepada Presiden Jokowi untuk bisa hadir di KTT G20.

"Mereka antusias sekali membantu Indonesia di bidang climate change (perubahan iklim) dan penanggulangan sampah plastik di laut, selain membantu UMKM," kata Luhut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kesempatan yang sama mengatakan ada kampanye kendaraan listrik dalam Gernas BBI kali ini.

"Ada touring mobil listrik dari Jakarta ke Lampung, lalu ke Palembang, dan sampai Jambi, dengan melibatkan pembalap nasional Rifat Sungkar," kata Menhub.

Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan Gernas BBI di provinsinya mengusung tema go green. Hal itu juga ditunjukkan dari lokasi peluncuran yang dipenuhi nuansa hijau dari berbagai tanaman yang tumbuh di Jambi.

"Tempat kita hadir sekarang ini dipenuhi tanaman, antara lain pakis yang banyak tumbuh di hutan-hutan Jambi," katanya.

Baca juga: Gernas BBI, Kemenhub jadikan Bandara Sultan Thaha tempat promosi UMKM
Baca juga: Luhut: Festival Diskon Nasional bisa jadi model kampanye Gernas BBI
Baca juga: Gernas BBI diharapkan bisa mendorong pembangunan kemitraan

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022