Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto menetapkan rencana aksi vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun dapat mencapai 100 persen sesuai target pada Maret mendatang.

"Saya perintahkan semua Kapolres membuat rencana aksi yang terukur, jadi besok vaksinasi kemana dan seterusnya hingga Maret mencapai 100 persen sebagaimana ditetapkan pemerintah," katanya di Banjarmasin, Rabu.

Berdasarkan target Pemerintah Provinsi Kalsel, ada 440.853 anak usia 6 sampai 11 tahun jadi sasaran vaksinasi.

Baca juga: Kasal ingatkan anak muda di Kalsel menjadi teladan disiplin prokes

Setelah dimulai pelaksanaannya pada 13 Januari 2022, hingga saat ini capaian vaksinasi sudah 11,53 persen yang tersebar di 13 kabupaten dan kota.

Menurut Kapolda, akselerasi dibutuhkan agar vaksinasi terhadap anak bisa mencapai target sesuai waktu yang telah ditentukan.

Untuk itu, gelaran vaksinasi bertajuk Vaksin Merdeka Anak yang dimotori Polri bekerja sama dengan TNI dan pemerintah daerah setempat kini terus digelorakan.

"Seperti hari ini ada 1.000 anak divaksinasi di Polresta Banjarmasin. Saya berharap wilayah Kalsel hari ini bisa di atas 10 ribu anak," tutur Kapolda.

Rikwanto berharap pemerintah pusat melalui provinsi dapat memastikan kelancaran pasokan vaksin agar tidak ada hambatan, mengingat masyarakat begitu antusias agar anaknya segera mendapatkan vaksin untuk mendukung pembelajaran tatap muka di sekolah.

Baca juga: Vaksinasi massal Polda Kalimantan Selatan suntik 1.000 remaja perhari

Baca juga: Sepuluh daerah di Kalsel bebas kasus COVID-19


Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A. Martosumito mengatakan vaksinasi anak hari ini digelar di tujuh lokasi termasuk Mapolresta.

"Kita terus bersinergi dengan semua pihak dalam percepatan vaksinasi, termasuk untuk anak agar semua bisa terlindungi dan kekebalan kelompok segera terwujud," katanya.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022