berarti traffic bandwidth-nya tinggi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menambah bandwidth dan mempersiapkan show case jaringan internet 5G sebagai dukungan sektor telekomunikasi pada ajang MotoGP Mandalika 2022.

“Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Disamping itu, Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat.

Kedua layanan tersebut nantinya akan disediakan di beberapa lokasi strategis termasuk di tempat berkumpulnya insan media, akomodasi, bandara internasional, serta tentunya venue sirkuit MotoGP Mandalika.

Layanan itu dihadirkan dengan harapan seluruh peserta dan pendatang untuk ajang internasional itu bisa merasakan pengalaman komunikasi yang optimal.

“Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itu pun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” ujarnya.

Penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan melakukan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

Tidak hanya operator seluler, Kementerian Kominfo juga bekerjasama dengan para operator fiber optik agar layanan komunikasi di kawasan Mandalika bisa berjalan mulus selama ajang MotoGP Mandalika dihelat.

“Saya diinformasikan bahwa akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi. Kami harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar,” jelas Menkominfo.

Menurut Menteri Johnny, rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan.

Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.

“Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik sehingga 4G dan 5G kita siapkan di area masif,” paparnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada ajang MotoGP Mandalika mendatang, maka pemerintah akan melakukan uji coba di 11-13 Februari 2022 sehingga seluruh kegiatan hingga infrastruktur nantinya ditanggal 18-20 Maret 2022 bisa siap digunakan saat ajang motorsport internasional itu berlangsung.

Baca juga: Sandiaga Uno: Gelaran MotoGP 2022 harus tetap berlangsung

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau kesiapan Bandara Lombok jelang MotoGP 2022

Baca juga: MGPA resmi dipimpin jajaran direksi baru jelang MotoGP Mandalika 2022


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022