Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mencatat telah terjadi penambahan pada kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu sebanyak 6 orang.

"Penambahan kasus harian positif COVID-19 Lampung ada 6 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, melalui keterangan tertulis di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan dengan adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif tersebut telah menambah jumlah kumulatif kasus dari 49.764 kasus menjadi 49.770 kasus.

"Untuk penambahan kasus positif COVID-19 tersebut berasal dari empat kabupaten dan kota di Provinsi Lampung," katanya.

Baca juga: Dinkes Lampung sediakan 3.000 dosis Pfizer untuk vaksinasi penguat

Baca juga: Dinkes Lampung: Vaksinasi penguat sudah dilakukan dengan izin khusus


Penambahan satu kasus berasal dari Kota Bandarlampung, 2 kasus dari Kabupaten Lampung Utara, 2 kasus asal Pesawaran, dan seorang lagi yang terkonfirmasi positif COVID-19 berasal dari Kabupaten Lampung Selatan.

"Di antara 6 orang kasus positif sebanyak 5 orang merupakan kasus baru, dan seorang hasil penelusuran kasus," ujarnya.

Sebanyak 5 orang yang positif COVID-19 tersebut tengah menjalani isolasi mandiri, dan seorang dalam perawatan di rumah sakit.

"Selain ada penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19, ada penambahan juga satu kasus kematian sehingga total 3.826 orang yang meninggal dunia," ucapnya.

Kasus kematian akibat COVID-19 tersebut berasal dari Kota Bandarlampung.

"Selanjutnya yang bertambah adalah kasus suspek satu kasus, sedangkan kasus sembuh nihil penambahan kasus sehingga kumulatif kasus tetap 45.543 orang yang sembuh," katanya lagi.

Menurutnya, dengan adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dan meninggal dunia tersebut masyarakat diminta untuk membantu mencegah persebaran kasus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Prokes dimohon jangan dilupakan. Ini jadi yang utama untuk mencegah persebaran, sembari kami melakukan penelusuran (tracing), testing, dan perawatan (treatment), dan isolasi bagi pasien yang terkonfirmasi positif," ujarnya pula.*

Baca juga: Kapolri targetkan dua minggu vaksinasi COVID-19 capai 100 persen

Baca juga: BP2MI Lampung pastikan PMI pulang bebas dari COVID-19

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022