Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan angin kencang menyebabkan puluhan rumah rusak di dua wilayah yakni Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Kabupaten Pesawaran, Lampung, Senin (24/1).

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan di Kabupaten Bogor, angin kencang melanda tiga kecamatan.

"Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merinci lokasi yang terdampak meliputi Desa Kuta di Kecamatan Dolok, Desa Cijunjung, Desa Cilebut dan Desa Cimandala di Kecamatan Sukajaya dan Kelurahan Nangewer serta Kelurahan Pakansari di Kecamatan Cibinong," ujar Abdul.

Akibat dari peristiwa tersebut, empat unit rumah rusak sedang, 34 unit lainnya rusak ringan dan ada dua unit warung yang mengalami rusak sedang. Sebanyak 44 KK/163 jiwa terdampak atas bencana tersebut.

Baca juga: Sebagian Jakarta berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang

Baca juga: BPBD Kabupaten Bogor catat delapan bencana akibat angin kencang


Laporan visual yang diterima dari lapangan, beberapa rumah mengalami kerusakan di bagian atap. Beberapa pohon tumbang setelah diterjang angin kencang dan mengenai rumah warga sehingga menyebabkan kerusakan.

Sebagai upaya penanganan darurat, Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan instansi terkait. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten juga telah melakukan asesmen dan membantu proses pembersihan puing serta kerusakan lain yang ditimbulkan oleh fenomena alam tersebut.

Peristiwa angin kencang juga terjadi di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, pada Senin (24/1) pukul 17.00 WIB.

"Pusdalops BNPB mencatat, peristiwa itu berdampak kepada 25 KK warga Desa Gerning di Kecamatan Tegineneng. Sebanyak 5 unit rumah dilaporkan rusak berat, 9 unit rusak sedang dan 11 unit rusak ringan," ujar Abdul.

Abdul mengatakan data visual yang dilaporkan dari lokasi, beberapa rumah mengalami kerusakan di bagian atap akibat diterjang angin puting beliung.

BPBD Kabupaten Pesawaran telah turun untuk melakukan kaji cepat, koordinasi dan membantu upaya penanganan darurat bersama lintas instansi terkait.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan informasi prakiraan cuaca hingga Kamis (27/1), yang menyatakan bahwa hujan dengan intensitas tinggi yang dapat disertai angin kencang berpotensi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada siang hingga malam hari. Hal yang sama juga berlaku di wilayah Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Melihat dari adanya prakiraan cuaca dari BMKG, maka BNPB mengimbau kepada seluruh pemangku kebijakan di masing-masing wilayah tersebut agar mengambil upaya mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

Beberapa upaya seperti pemangkasan ranting dan cabang pohon yang berada di dekat permukiman warga agar dilakukan, termasuk susur sungai dan tanggul, normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) maupun selokan serta pembersihan lingkungan permukiman secara rutin.*

Baca juga: BPBD Karawang laporkan sekitar 100 rumah rusak akibat puting beliung

Baca juga: Puting beliung terjang Takalar-Sulsel, 15 rumah alami kerusakan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022