Jakarta (ANTARA) - Gol dari penyerang Assanur Rijal membawa Persiraja Banda Aceh selamat dari kekalahan atas Persela Lamongan yang berakhir imbang dengan skor 2-2 pada pekan ke-21 Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu.

Pada pertandingan ini, Persela Lamongan sempat dua kali unggul melalui gol bunuh diri pemain sayap Rizky Yusuf Nasution dan Valentino Telaubun, sedangkan Persiraja Banda Aceh menyamakan kedudukan berkat upaya dari Akhirul Wadan serta Assanur Rijal.

Akibat hasil imbang tersebut, Persiraja Banda Aceh masih berada di posisi juru kunci klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 8 poin dari 21 laga, sedangkan Persela Lamongan naik ke peringkat 16 dengan torehan 17 poin.

Pada babak pertama, kedua tim bermain dengan tempo sedang dan saling melancarkan serangan, namun baik Persiraja Banda Aceh maupun Persela Lamongan tidak mampu menciptakan peluang yang membahayakan di 20 menit pertama.

Baca juga: Pelatih Persela sebut laga hadapi Persiraja adalah partai penting 

Persela Lamongan unggul lebih dulu pada menit ke-29 melalui gol bunuh diri dari pemain sayap Persiraja Rizky Yusuf Nasution yang gagal mengantisipasi umpan silang Riyanto Abiyoso, yang mengubah skor menjadi 1-0.

Persela Lamongan hampir menggandakan keunggulannya pada menit ke-41 lewat sundulan Malik Risaldi, namun upayanya itu masih bisa dihalau oleh gelandang Bruno Dybal.

Persiraja Banda Aceh menyamakan kedudukan pada menit 45+1 melalui sundulan Akhirul Wadhan, yang memanfaatkan umpan dari Bruno Dybal dan mengubah skor menjadi 1-1, yang bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Persela Lamongan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mencetak gol pada menit ke-53 setelah upaya Valentino Telaubun mampu menjebol gawang dari Fakhrurrazi Quba.

Guilherme Batata yang mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Persiraja mengirimkan umpan ke kotak penalti yang disambut dengan sempurna oleh sundulan Valentino Telaubun dan mengubah skor menjadi 2-1.

Baca juga: Persiapan Persiraja jelang laga melawan Persela berjalan matang 

Persiraja langsung merespon gol dari Persela Lamongan dan pada menit ke-63. Bruno Dybal memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan setelah menerima umpan dari Dendi Hartono, namun upaya pemain asal Brazil tersebut masih bisa diamankan kiper Abdul Rohim.

Gol penyama yang dinanti-nanti oleh Persiraja akhirnya hadir pada menit ke-86 melalui sundulan Assanur Rijal setelah menerima umpan dari Muhammad Rifaldi dan membuat skor kembali sama kuat 2-2.

Persiraja Banda Aceh memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan pada menit ke-87 ketika Assanur Rijal melepaskan tembakan keras ke gawang Persela Lamongan, namun upaya tersebut masih bisa dihalau oleh Abdul Rohim dan membuat skor 2-2 tetap bertahan hingga pertandingan usai. 

Baca juga: Persiraja optimis rebut tiga poin dari Persela Lamongan 
Baca juga: Persiraja pinjam pemain asing Persela 

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022