Indeks saham unggulan China CSI 300 merosot 1,96 persen atau 92,43 poin menjadi menetap di 4.619,88 poin
Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China merosot ke posisi terendah hampir 16 bulan dan yuan jatuh paling parah dalam tujuh bulan terhadap dolar pada Kamis, karena investor global khawatir bahwa Federal Reserve AS akan bergerak agresif untuk mengekang inflasi.

Indeks saham unggulan China CSI 300 merosot 1,96 persen atau 92,43 poin menjadi menetap di 4.619,88 poin, level terendah sejak 30 September 2020, dan Indeks Kompoit Shanghai berakhir 1,79 persen atau 61,42 poin lebih rendah menjadi 3.394,25 poin.

Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China ditutup terperosok 2,77 persen atau 381,46​ poin menjadi 13.398,84 poin. Indeks ChiNext yang melacak saham perusahaan-perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan di papan perdagangan bergaya Nasdaq China, jatuh 3,25 persen menjadi 2.906,76 poin.

Lebih dari 94 persen saham yang tercatat di pasar saham A China melemah, menurut data dari penyedia layanan informasi keuangan Wind.

Kemerosotan terjadi di tengah kemunduran global dalam ekuitas setelah ketua Fed memperingatkan bahwa inflasi tetap di atas tujuan jangka panjang Fed dan masalah rantai pasokan mungkin lebih persisten dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Kinerja pasar luar negeri baru-baru ini merupakan faktor yang membebani pasar saham A," kata Zhang Yanbing, seorang analis di Zheshang Securities,dikutip dari Reuters. "Selain itu, investor khawatir akan ada lebih banyak koreksi di pasar luar negeri ketika pasar daratan ditutup selama liburan."

Pasar China Daratan akan ditutup untuk liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu, yang dimulai pada 31 Januari.

Investor asing adalah penjual besar saham China pada Kamis, dengan data Refinitiv menunjukkan arus keluar 11 miliar yuan melalui bagian utara dari program Stock Connect China. Data dari East Money Information menunjukkan arus keluar pada Kamis adalah yang terbesar sejak 24 Juli 2020.

Penurunan dipimpin oleh saham teknologi, dengan indeks yang melacak sektor komputer anjlok 3,9 persen. Saham semikonduktor dan saham energi baru masing-masing kehilangan lebih dari 3,0 persen.

Di Hong Kong, Indeks Hang Seng (HSI) jatuh 1,99 persen atau 482,90 poin menjadi berakhir di 23.807,00 poin dan China Enterprises Index (HSCE) berakhir 2,60 persen atau 220,99 poin lebih rendah menjadi 8.291,30 poin.

Indeks raksasa teknologi kelas berat menyeret Hang Seng lebih rendah. Indeks Teknologi Hang Seng jatuh 3,8 persen, dengan raksasa e-commerce Alibaba Group merosot 7,2 persen ke rekor terendah. Perusahaan pengiriman Meituan juga ditutup anjlok hampir 7,0 persen.

Juga membebani saham teknologi ternama adalah berita bahwa China akan mengambil langkah dalam "menyempurnakan" aturan hukum terhadap persaingan tidak sehat di antara perusahaan, dengan fokus pada bidang-bidang seperti platform ekonomi, inovasi teknologi dan keamanan informasi.

Pengembang real estat turun 2,6 persen dengan China Evergrande jatuh 3,4 persen setelah peta jalan restrukturisasi yang sangat rinci membuat investor tidak puas, sementara saham Logan and Times China tergelincir setelah mereka mengumumkan peningkatan ekuitas untuk mengurangi utang.

Mata uang China juga melemah tajam, mencatat kerugian satu hari terbesarnya terhadap dolar sejak 17 Juni 2021 karena imbal hasil AS yang lebih tinggi mengangkat greenback.

"Pengambilan kuncinya adalah bahwa siklus kenaikan suku bunga (di AS) akan segera dimulai," tulis Philip Wee, ahli strategi valas senior di DBS Group.

Pasar, yang telah berubah netral menjelang pertemuan Fed, sekarang bersiap untuk kenaikan suku bunga yang lebih agresif, tambahnya. Dana federal berjangka sekarang memperkirakan sebanyak lima kali kenaikan suku bunga tahun ini.

Yuan turun sekitar 0,7 persen terhadap dolar pada akhir sesi perdagangan domestik, setelah bank sentral China menetapkan tingkat titik tengah yang melemah tajam pada 6,3382 yuan per dolar, dibandingkan 6,3246 sehari sebelumnya. Itu adalah pelemahan terbesar dalam kurs tengah harian yang ditetapkan oleh bank sentral sejak 20 Desember.

Baca juga: Saham Jepang ditutup di terendah 14 bulan terseret saham teknologi
Baca juga: IHSG ditutup menguat di tengah anjloknya bursa saham Asia
Baca juga: Saham China dibuka bervariasi, indeks Shanghai naik tipis 0,01 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022