Hari ini semua pengikut tarekat Naqshabandiyah terakhir berpuasa, dan malam ini kami menggelar takbiran untuk menyambut datangnya Idul Fitri"
Padang (ANTARA News)- Sebanyak 100 Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur Pasar Baru Kelurahan Cupak Tangah, Padang, Sumatera Barat menggelar takbiran sejak pukul 20.00 WIB Minggu malam menyambut 1 Syawal 1432 Hijrah .

Mursyid (pimpinan) Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo di Padang Minggu malam mengatakan takbiran dilaksanakan menyambut datangnya 1 Syawal 1432 Hijriah yang menurut keyakinan jatuh pada 29 Agustus 2011.

"Hari ini semua pengikut tarekat Naqshabandiyah terakhir berpuasa, dan malam ini kami menggelar takbiran untuk menyambut datangnya Idul Fitri" kata dia.

Dikatakannya, berdasarkan keyakinan jamaah tarekat Naqshabandiyah 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada 29 Agustus 2011 berdasarkan metode hisab dan rukyatul hilal yang digunakan.

Ia menjelaskan dalam melaksanakan rukyatul hilal (melihat bulan) dilakukan secara langsung pada tanggal 8, 15, 22 dan 30 Syaban.

Berdasarkan hasil rukyatul hilal ditetapkan 1 Ramadhan 1432 Hijriah jatuh pada 30 Juli 2011 dan setelah digenapkan 30 hari 1 Syawal bertepatan pada 29 Agustus 2011, kata dia.

Sementara, untuk hisab digunakan metode hisab munjid untuk menentukan awal bulan

"Metode tersebut berasal dari Mekah dan berdasarkan perhitungan Idul Fitri dilaksanakan besok," kata dia.

Ia menyebutkan di Padang terdapat puluhan masjid dan mushala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqshabandiyah.

Masjid dan mushalla tersebut tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan. Di Pasar Baru terdapat dua mushalla dan di Kecamatan Lubuk Kilangan 29 mushalla.
(A038)


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011