Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Jakarta Utara memadamkan api yang berkobar di rumah susun (Rusun) Bermis Gading RW 03/05, Flat D, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, sedikitnya 4 rumah susun yang berada di lantai tiga hangus terbakar.

Menurut Nurdin Silalahi Kasie Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, kebakaran yang terjadi akibat konseleting listrik. Sedikitnya 10 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

"Lokasi kebakaran berada di kompleks perumahan Bermis Kelapa Gading. Api berasal dari konseleting listrik kipas angin," ujar Nurdin.

Kobaran api menjalar disaat warga sedang sholat Jumat. Angin kencang membuat api cepat menjalar. Dikatakan Nurdin, api berasal dari lantai tiga.

"Penghuni rumah saat kejadian memang menyalakan kipas angin," ujarnya. Diduga api berasal dari kipas angin yang dipasang.

Sementara itu ketua RW 05, Sri Nuryati (59) saat ditemui dilokasi kebakaran mengatakan, api menjalar dengan cepat dibagian atas rusun yang berlantai tiga tersebut. Api berasal dari rumah Ny. Ning Santoso ketua RT 08.

Saat kejadian, pemilik rumah yang sekaligus ketau RT tersebut sedang memasak.

"Siang itu memang anaknya menyalakan kipas angin. Ditinggal sebentar untuk sholat Jumat," ujar ketua RW.

Kini warga korban kebakaran ditampung di Posyandu dekat kantor RW. Untuk itu, Sri pun akan menghimbau warganya agar tidak menyalakan kipas angin terlalu lama maupun meninggalkan rumah dalam kondisi listrik tidak padam.
(ANT/008)





Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011