Presiden RI Joko Widodo didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin direncanakan hadir langsung di Kepri untuk mencanangkan BIAN secara serentak di seluruh Indonesia
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah mencanangkan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Rabu (18/5) yang dijadwalkan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Presiden RI Joko Widodo didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin direncanakan hadir langsung di Kepri untuk mencanangkan BIAN secara serentak di seluruh Indonesia," kata Kepala Dinas Kominfo Pemprov Kepri Hasan di Tanjungpinang, Selasa.

Hasan menyebutkan dari venue kegiatan, Presiden Jokowi akan menyapa beberapa daerah lain yang melaksanakan kegiatan BIAN secara serentak melalui konferensi video.

Baca juga: Tiga vaksin baru imunisasi dasar bagian transformasi kesehatan primer

Konferensi video akan dihadiri sekitar 26 provinsi se-Indonesia selain Kepri. Seluruh kabupaten/kota di Kepri juga direncanakan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kata Hasan, Presiden Jokowi akan meninjau sejumlah titik posyandu di Tanjungpinang untuk melihat langsung pelaksanaan imunisasi anak.

"Presiden juga akan meninjau beberapa titik lokasi lain di Tanjungpinang sebagai agenda dari kunjungan kerjanya," ujar Hasan.

Hasan menjelaskan Tanjungpinang dipilih sebagai pusat pelaksanaan BIAN, salah satunya karena Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tanjungpinang berhasil menerima penghargaan juara satu sebagai kota dengan cakupan imunisasi rutin tertinggi triwulan I tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca juga: 300 ribu posyandu kembali diaktifkan dukung Bulan Imunisasi Anak

"Kita patut mengapresiasi upaya Pemkot Tanjungpinang dalam memperluas cakupan imunisasi anak. Dengan penghargaan ini akhirnya Kepri sekali lagi dapat menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf nasional," ungkap Hasan.

Hasan juga menyebut kegiatan yang dihadiri langsung RI 1 ini akan semakin membuat Kepri, khususnya Tanjungpinang semakin dikenal luas secara nasional.

Hal Ini sejalan dengan tujuan Gubernur Kepri Ansar Ajmaf untuk memperkenalkan Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri, mengingat selama ini masyarakat lebih mengenal Batam jika menyebut Provinsi Kepri.

Baca juga: Kemenkes integrasikan riwayat imunisasi anak ke dalam PeduliLindungi

Hasan menyampaikan kehadiran Presiden Jokowi ke Kepri kali ini merupakan yang keempat kalinya selama Ansar-Marlin menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri.

"Empat kali Preaiden RI berkunjung ke Kepri, ini menandakan daerah kita diperhatikan secara khusus dari pemerintah pusat. Hal ini harus disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai modal untuk membangun Bumi Segantang Lada ini," kata Hasan.

Baca juga: Kemenkes sebut Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 digelar dua tahap

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022