Sidoarjo (ANTARA) - Petugas gabungan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil menggagalkan upaya pengiriman benih bening lobster (BBL) ilegal tujuan Singapura melalui Terminal 2 Keberangkatan Internasional Bandara Juanda.

Danlanudal Juanda Kolonel Laut P Heru Prasetyo, Selasa mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari informasi intelijen akan ada pengiriman BBL yang berangkat dari Surabaya tujuan Singapura pada hari Kamis tanggal 12 Mei 2022 melalui Terminal 2 Keberangkatan Internasional Bandara Juanda.

"Menindaklanjuti informasi tersebut, para petugas lebih memperketat pengawasan di lingkungan Bandara Internasional Juanda dengan membagi sektor operasi," ujarnya.

Ia mengatakan, petugas mencurigai penumpang berinisial ST beserta barang bawaannya berupa koper dan tas ransel yang merupakan target operasi penyelundupan BBL.

"Penumpang tersebut merupakan penumpang pesawat Scoot Air TR263 tujuan Surabaya-Singapura," ucapnya.

Baca juga: Sinergi KKP-aparat gagalkan 52 kasus penyelundupan benur selama 2021

Baca juga: KKP ungkap alasan ilmiah larang lalu lintas benih lobster bawah 5 gram


Ia mengatakan, selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan sebanyak empat kantong BBL dengan rincian sebanyak 23 kantong disembunyikan di dalam koper dan 18 kantong disembunyikan di dalam tas ransel, tanpa disertai dokumen resmi.

"Jumlah total keseluruhan BBL sebanyak 30.911 ekor," ungkapnya.

Kepala BKIPM Surabaya I Suprayogi mengatakan dari jumlah tersebut tercatat BBL jenis mutiara sebanyak 8 kantong plastik berisi masing-masing 502 ekor dengan total 4.016 ekor. Kemudian BBL jenis pasir sebanyak 13 kantong plastik kecil berisi masing-masing 715 ekor dengan jumlah 9.295 ekor serta 20 kantong plastik besar berisi berisi masing-masing 880 ekor dengan jumlah total 17.600 ekor.

"Total benih bening lobster sebanyak 30.911 ekor," katanya.

Ia mengatakan, BBL boleh dikirimkan asalkan ada surat keterangan asal dan berada di Indonesia.

"Yang tidak boleh itu dikirim keluar negeri. Selanjutnya BBL tersebut akan dibudidayakan di Sidoarjo," ujarnya.

Baca juga: KKP: Benih bening lobster hanya untuk pembudidayaan dalam negeri

Baca juga: KKP: Larangan ekspor benih lobster dorong pertumbuhan ekonomi


Senada disampaikan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I Tri Wikanto mengatakan pengiriman ini diduga melanggar pasal 102A Undang-Undang Nomor 17 tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan.

"Dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp5 miliar," ujar dia.

Kegiatan pengungkapan penyelundupan BBL ini merupakan hasil kerja sama yang baik dan wujud sinergitas komunitas Bandara Juanda dalam sebuah tim yang terdiri dari Lanudal Juanda, Bea dan Cukai Juanda, Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, BKIPM Surabaya I, PT Angkasa Pura I (Persero), serta Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022