Bandarlampung (ANTARA News) - Komisi III DPR akan tiba di Bandarlampung pada Sabtu sore untuk mencari fakta seputar kekerasan yang terjadi di wilayah Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.

Wakil Ketua Komisi III Azis Syamsudin saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu, mengatakan, pada nanti malam mereka akan langsung bertemu pihak Polda Lampung, untuk mendengarkan keterangan versi Kapolda sebagai pemegang wilayah hukum tentang laporan tersebut.

Komisi III akan hadir di Bandarlampung dengan formasi lengkap, bersama Tim Pencari Fakta dari Mabes Polri.

Setelah itu, pada Minggu pagi, tim direncanakan akan langsung menuju Mesuji untuk mencari fakta di lapangan dan mengumpulkan keterangan dari petani.

Mengenai lamanya kunjungan, Aziz menjelaskan, pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Satu hal yang pasti kita akan mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya untuk mengungkap kebenaran laporan warga tersebut," kata dia.

Sementara itu, Tim pencari fakta dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Wairwasum Polri Irjen Sulistyo Ishak telah berangkat pada Jumat sore menuju Lampung untuk mendampingi Komisi III.

Kepala Bidang Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih menjelaskan, tim tersebut akan mendampingi Komisi III DPR meninjau langsung kondisi nyata di lapangan.

Secara umum, dia menegaskan, kondisi Lampung kondusif, aman dan terkendali.

Meskipun demikian, Polda Lampung, menurutnya tetap menurunkan anggota untuk mengamankan titik-titik rawan konflik, khususnya di Mesuji.

"Pengamanan tersebut hanya melibatkan pengamanaman rayonisasi yakni Polres Lampung Utara dan Lampung Tengah untuk membantu Polres Tulangbawang," katanya.

Polda Lampung, katanya lagi, tidak menurunkan pasukan yang berlebihan di daerah itu.

(ANT-046/H009)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011