Pontianak (ANTARA News) - Ribuan orang yang hendak menyambut pergantian tahun di sejumlah jalan dalam Kota Pontianak, Sabtu malam, terjebak macet di beberapa ruas jalan dalam kota.

Kemacetan terjadi di Jalan Pak Kasih depan Pelabuhan Dwikora Pontianak karena sekitar 300 meter dari jalan tersebut tepatnya di depan Kantor Wali kota Pontianak, digelar pesta kembang api sebanyak satu ton yang disiapkan pemerintah setempat.

Dari pantauan di lapangan, arus lalu lintas sekitar kawasan tersebut juga tidak luput dari kemacetan, seperti di Jalan Zainuddin di belakang Kantor wali kota, Jalan Jenderal Urip, Gajah Mada, kemudian ke Jalan Ahmad Yani depan rumah dinas Gubernur Kalbar.

Sejumlah orang yang melintasi kawasan itu, memilih jalan alternatif dengan memasuki gang-gang di permukiman warga yang ternyata juga dipenuhi kendaraan roda dua yang pengemudinya juga mencoba mencari jalan pintas untuk sampai ke tempat tujuan.

Sementara itu di depan rumah jabatan Gubernur Kalbar, tampak kerumunan warga yang duduk di trotoar dan menggelar tikar di halaman dan parkiran Museum Negeri Kalbar.

Warga yang diperkirakan mencapai ratusan orang itu, tampaknya ingin menyaksikan pesta kembang api di rumah gubernur seperti pada pesta Tahun Baru 2011 lalu.

Namun pada tahun ini, rumah jabatan Gubernur tidak menggelar pesta kembang api. Rumah jabatan itu tampak lengang dengan pintu depan tertutup dan pagar halaman yang hanya dibuka separuh.

Suasana agak meriah terlihat di halaman rumah jabatan itu karena terdapat dua pohon Natal plastik yang ditaburi lampu hias berwarna merah yang di tengahnya terdapat replika gua yang dapat dimasuki tubuh orang dewasa.

Gubernur Kalbar Cornelis sedang cuti dan berada di luar Kalbar. Selain itu, informasi dari Humas Pemprov Kalbar menyebutkan Wakil Gubernur Christiandy Sanjaya juga saat ini sedang berada di Kota Singkawang.

"Pesta kembang api diadakan di rumah jabatan Sekda Kalbar di kawasan Kota baru," kata staf humas Pemprov Kalbar yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak Utin Khadijah mengatakan, pesta kembang api satu juta ton yang digelar pemerintah kota murni sumbangan dari pihak ketiga guna memberikan hiburan bagi masyarakat Kota Pontianak.

Selain pesta kembang api, masyarakat juga dihibur dengan menampilkan artis lokal maupun dari ibu kota, seperti grup Seventeen dan T2.

Utin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Pemkot yang bekerja sama dengan pihak ketiga dalam memeriahkan malam pergantian tahun dan menghibur masyarakat. Hiburan rakyat tersebut diselenggarakan untuk merayakan malam puncak pergantian tahun yang dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

"Pesta kembang api itu sebagai formula meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Kota Pontianak," kata kepala dinas tersebut.

(N005/Z002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012