AsiaNet 52236

TOKYO, 27 Februari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Yayasan Perdamaian Niwano (Niwano Peace Foundation) akan menganugerahkan Hadiah Perdamaian Niwano (Niwano Peace Prize) ke-30 kepada Pendeta Dr. Gunnar Stalsett, mantan Uskup Oslo di Gereja Norwegia, atas jasa dan perjuangannya untuk mewujudkan perdamaian.

     Upacara penganugerahan penghargaan ini akan diselenggarakan di Tokyo pada 16 Mei. Selain mendapatkan penghargaan, Uskup Stalsett akan menerima sebuah medali dan uang senilai 20 juta yen.

     Hidup dan karirnya benar-benar memberi contoh bagi kita akan apa yang dibutuhkan dan yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kedamaian yang adil dan abadi, serta kontribusi apa yang bisa diberikan oleh gagasan keagamaan dan lembaga antar agama bagi perdamaian. Di masa kecilnya, Uskup Stalsett telah menyaksikan, baik kemiskinan maupun diskriminasi etnis. Pada awal karirnya, beliau menggabungkan studi teologi, tugas kepasturan, aktivitas politik, dan aktivitas medis. Sebagai Sekjen Federasi Luther Dunia (Lutheran World Federation) dan Keuskupan Oslo (Bishop of Oslo), beliau mendapatkan pengalaman dan rasa hormat dari berbagai bangsa dan disiplin ilmu.

     Terkait penganugerahan penghargaan kepada Uskup Stalsett, Komite Nobel Perdamaian menyatakan bahwa beliau adalah "seorang pekerja keras di dalam mewujudkan perdamaian" yang selalu terlibat sebagai penengah dalam berbagai konflik di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Komite juga memuji "komitmennya yang gencar dan solid terhadap kegiatan mediasi perdamaian yang konkret di berbagai belahan dunia." Uskup Stalsett "telah membuktikan bahwa beliau adalah seorang pencetus perdamaian, yang kreatif, efektif, dan teguh," yang pada akhirnya mewujudkan "hasil penting dan kokoh yang berdampak kepada jutaan orang," tambahnya.  

     Hadiah Perdamaian Niwano (Niwano Peace Prize):
     Hadiah Perdamaian Niwano dicetuskan pada tahun 1983 guna menghormati dan menyemangati individu dan organisasi yang telah berkontribusi secara signifikan terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, yang oleh karenanya dapat mewujudkan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan berlebihan pada agama atau wilayah tertentu, nominasi dipilih dari sekitar 600 orang dan organisasi, yang mewakili 125 negara. Untuk menunjukkan rasa hormat, penghargaan ini dinamai berdasarkan pendiri dan presiden pertama Organisasi Buddha Rissho Kosei-kai, Nikkyo Niwano.  

     Yayasan Perdamaian Niwano (Niwano Peace Foundation):
     Yayasan Perdamaian Niwano didirikan pada tahun 1978 guna memberikan kontribusi terhadap perwujudan perdamaian dunia dan perbaikan budaya perdamaian. Yayasan ini mengadakan riset dan kegiatan lainnya yang didasari semangat keagamaan, dan melayani berbagai implementasi perdamaian dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama, dan filosofi.  

     SUMBER: Niwano Peace Foundation

     Kontak:
     (Bapak) Tadashi Takatani
     Niwano Peace Foundation
     Tel: +81-3-3226-4371
     Fax: +81-3-3226-1835
     E-mail: peaceprize@npf.or.jp
     URL: http://www.npf.or.jp/english_top/index.html

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013