"Pengurus PWI Kalsel bersepakat menetapkan kembali bekantan menjadi maskot Porwanas XI."
Banjarmasin (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Selatan (PWI Kalsel) meluncurkan maskot Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XI berupa bekantan (kera hidung panjang) yang juga menjadi maskot fauna Kalsel.

Ketua PWI Kalsel, Fathurrahman, menerangkan bahwa penetapan maskot Porwanas XI tersebut melalui rapat yang cukup alot, karena ada dua usul berupa "iwak kalabau" (ikan kalabu) dan bekatan yang juga disebut "kera Belanda".

Namun, menurut dia, sesudah membuka ensiklopedi tentang fauna, ternyata "iwak kalabu" juga banyak di provinsi lain, bahkan di negeri jiran Malaysia. Adapun bekantan hanya terdapat di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari", Kalsel.

"Oleh karenanya, Pengurus PWI Kalsel bersepakat menetapkan kembali bekantan menjadi maskot Porwanas XI," ujar Wakil Pemimpin Umum Harian Umum Media Kalimantan terbitan Banjarmasin itu.

"Hanya saja, penampilan kali ini agak beda, yaitu ditambah dengan pakai laung atau tutup kepala dan selendang terbuat dari sasirangan atau batik khas daerah Banjar," demikian Fathurrahman.

Bekantan pernah pula menjadi maskot Porwanas VII yang berlangsung di Kalsel dalam rangkai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2002.

Porwanas tahun ini dalam rangkaian Kongres PWI untuk memilih Ketua Umum dan pengurus pusat di organisasi kewartawanan tertua dan terbesar di Indonesia itu.

Semula Porwanas XI bakal berlangsung di Jawa Timur, namu  pengurus cabang PWI Jatim mengundurkan diri sebagai tuan rumah, dan Kalsel menyatakan siap menjadi pelaksana pada September 2013.
(T.KR-SHN/H005)

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013