PBB, New York (ANTARA News) - Organisasi Pendidikan, Sains dan Budaya PBB (UNESCO), Rabu, mengatakan mereka akan mengirim satu misi ahli guna meneliti kondisi Kota Tua di Jerusalem dan semua Temboknya, yang merupakan Warisan Dunia, kata Juru Bicara PBB.

"Misi pemantau terakhir melakukan kegiatan pada 2004, dan berikutnya akan dilakukan atas permintaan Komite Warisan Dunia pada 2010, 2011 dan tahun lalu," Martin Nesirky dalam taklimat harian di Markas PBB, New York, kepada wartawan.

Israel telah setuju untuk mengizinkan UNESCO memeriksa lokasi di Jerusalem sebagai imbalan bagi penundaan pengesahan lima resolusi yang mengeritik Israel dan ditaja Palestina, demikian laporan Xinhua. Kesepakatan tersebut --yang dicapai pada Selasa (23/4) diperantarai oleh Amerika Serikat, Rusia dan Jordania, kata laporan itu.

UNESCO di Paris, menerima Pemerintah Otonomi Nasional Palestina sebagai anggota penuhnya pada 2011, sehingga Amerika Serikat menghentikan dana untuk lembaga PBB itu segera setelah pemungutan suara. Israel juga menghentikan sumbangannya.

Para pemeriksa UNESCO akan meneliti Kota Tua Jerusalem dan semua Temboknya, termasuk Tembok Barat (Tembok Ratapan) dan Jembatan Mughrabi menuju Al-Haram Asy-Syarif (Bukit Knisah) sebagai bagian dari "rencana aksi" untuk memeriksa dan memelihara warisan budaya Kota Tua Jerusalem, kata laporan tersebut.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013