Pusat Ekonomi Kreatif nantinya akan menjadi ruang ekonomi kerakyatan yang terpadu dan menekan rentenir
Bandung (ANTARA News) - Kota Bandung akan membangun Pusat Ekonomi Kreatif di kawasan Ujungberung sebagai upaya untuk mendorong penciptaan lapangan pekerjaan baru dan peningkatan nilai tambah produk kreatif Kota Bandung.

"Pusat Ekonomi Kreatif nantinya akan menjadi ruang ekonomi kerakyatan yang terpadu dan menekan rentenir," kata Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda di Bandung, Minggu.

Pusat ekonomi kratif itu, kata Ayi, sebagai bentuk menciptakan lapangan pekerjaan khususnya bagi para pelaku usaha kreatif yang selama ini terpencar di Kota Bandung.

Melalui sentra ekonomi kreatif itu, para pelaku usaha kreatif didorong untuk membentuk sebuah komunitas yang bisa meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk-produk mereka.

"Bandung merupakan kota kreatif, sebagian sudah eksis dan bisa menciptakan pasar, namun sebagian masih perlu difasilitasi," kata Ayi.

Pembagunan fasilitas sentra ekonomi kreatif di kawasan Ujungberung itu juga akan diikuti dengan pengembangan infrastruktur pendukungnya yang sejalan dengan pengembangan kawasan Kota Bandung bagian timur.

Pengembangan kawasan Kota Bandung saat ini tinggal menyisakan kawasan timur, setelah kawasan barat dipastikan telah tertutup untuk pengembanan kawasan ekonomi itu karena sudah cukup padat.

Selain itu, Kota Bandung juga komitmen untuk melakukan pembenahan pedagang kaki lima (PKL) melui prgram P3SER di Gedebage sebagai bentuk revitalisasi pasar tradisional.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013