Selain menertibkan para pengendara baik roda dua maupun roda empat juga untuk menciptakan keamanan dan keselamatan,"
Kotabaru (ANTARA News) - Kepolisian Resort Kotabaru, Kalimantan Selatan, selama Ramadhan 1434 Hijriah menggelar Operasi Patuh Intan 2013 di titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan.

Kepala Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Kotabaru, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Jhoni Eko Putra di Kotabaru, Kamis, mengatakan, salah satu tujuan operasi patuh intan ini untuk mewujudkan ketertiban, dan kelancaran di bulan Ramadhan.

"Selain menertibkan para pengendara baik roda dua maupun roda empat juga untuk menciptakan keamanan dan keselamatan," ujarnya.

Jhoni menargetkan, arus lalu lintas di Kotabaru, terutama yang biasa terjadi macet, bisa lancar serta aman tidak ada kecelakaan.

Selama dilakukannya operasi, Polisi menemukan beberapa pelanggaran dari para pengendara kendaraan roda dua dan empat.

"Pelanggaran paling banyak dilakukan pengendara sepeda motor, dan mayoritas pelajar," jelas dia tanpa menyebutkan jumlah dengan rinci.

Sebagian besar, pelanggaran berupa kasus pengendara tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dan melanggar rambu- rambu lalu lintas.

Pelanggar diminta terkena tilang harus sidang langsung, tanpa diwakilkan.

Khusus untuk pelajar, Polisi melakukan pembinaan dan memberikan wawasan tentang tata tertib berlalu lintas.

Sedangkan untuk pelajar tingkat atas, yang belum berumur 17 tahun dan tidak mempunyai SIM, akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Karena salah satu syarat untuk mendapatkan Surat Ijin Pengemudi adalah harus sudah berumur 17 tahun keatas," pungkasnya.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013