polres juga akan menyiapkan tim pengurai kemacetan pada saat puncak arus mudik dan balik Lebaran mendatang.
Pekalongan (ANTARA News) - Pemerintah Kota dan Kepolisian Resor Kota Pekalongan, Jawa Tengah, telah menyiapkan sebanyak lima posko pengamanan (pospam) pada titik rawan kecelakaan untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2013.

Pada pengamanan arus mudik Lebaran 2013, polres Pekalongan akan menerjunkan sebanyak 300 personel. Demikian dikatakan Kepala Polres Kota Pekalongan AKBP Rifky, di Pekalongan, Rabu.

"Para personel ini akan bertugas memantau tempat rawan kecelakaan dan pelaksanaan Operasi `Ketupat Candi`," ucapnya.

Selain itu, kata dia, polres juga akan menyiapkan tim pengurai kemacetan pada saat puncak arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

Ia mengatakan bahwa untuk memberikan kenyamanan warga yang akan menunaikan ibadah puasa, polisi juga telah menggelar operasi penyakit masyarakat.

Sementara menurut data Direktorat Jenderal Bina Marga, untuk wilayah Kota Pekalongan pekerjaan pelebaran jembatan Elon sepanjang 85 meter tidak akan mengganggu arus lalu lintas pada H-15.

Pekerjaan pemasangan balok dan pengecoran plat lantai jembatan di jembatan yang sudah ada akan dilaksanakan setelah Lebaran. Sehingga arus mudik melalui Pantura ruas Pekalongan--Batang tetap dapat dilalui.

Akan tetapi arus lalu lintas di jembatan Kali Banger di wilayah Kabupaten Batang agak terhambat karena di satu sisi jembatan belum dilapisi aspal. Pekerjaan pengaspalan baru dilanjutkan setelah H+10 Lebaran.

Meskipun demikian jembatan Kali Banger sudah dibuka untuk arus lalu lintas dan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2013 ini siap untuk dilalui.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Operasi Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Henrirudin mengatakan bahwa pada pengamanan arus mudik dan balik Lebaran, pemkot akan mendirikan sebanyak empat posko mudik di sepanjang jalan utama dan alternatif.

"Kami mulai melakukan monitoring pengamanan jalur mudik yang setiap posko nantinya akan ditempatkan sejumlah petugas," katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan, pemkot juga sudah menyiapkan menyiapakan sejumlah fasilitas pengamanan, seperti pengadaan barikade, dan rambu-rambu pada jalur alternatif.

"Untuk lokasi pendirian pos kemungkinan tidak berubah dari tahun sebelumnya, yaitu di Monumen, Plasa Matahari, Terminal Bus Baru Pekalongan, depan Mal Ramayana," tuturnya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013