Akibat tabrakan beruntun itu, menyebabkan kemacetan yang luar biasa di ruas satu-satunya yang menghubungkan Kota Pontianak dengan Kecamatan Pontianak Timur dan Utara, pascaditutupnya Jembatan Kapuas I akibat tiang pilar utama jembatan itu, dua kali b
Pontianak (ANTARA News) - Tabrakan beruntun di Jembatan Kapuas II, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat, menyebabkan kemacetan panjang hingga belasan kilometer, kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat AKBP Mukson Munandar.

"Telah terjadi tabrakan beruntun antara kendaraan tronton yang sedang membawa alat berat dengan roda dua di jalur Jembatan Kapuas II, sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi macet total," kata Mukson Munandar di Pontianak.

Ia menjelaskan, setelah terjadi tabrakan itu, tidak lama kendaraan roda empat yang berada di belakang tronton itu menabrak belakang kendaraan roda enam tersebut.

"Akibat tabrakan beruntun itu, menyebabkan kemacetan yang luar biasa di ruas satu-satunya yang menghubungkan Kota Pontianak dengan Kecamatan Pontianak Timur dan Utara, pascaditutupnya Jembatan Kapuas I akibat tiang pilar utama jembatan itu, dua kali berturut-turut di tabrak tongkang," ungkap Mukson.

Mukson menjelaskan, kronologis tabrakan beruntun tersebut, yakni berawal antara mobil tronton menabrak kendaraan pribadi, lalu hingga menyerempet kendaraan roda empat dan kendaraan bermotor lainnya sehingga menyebabkan kemacetan.

"Tronton itu sedang membawa kendaraan berat di atasnya, karena pas mau turun dari Jembatan sedang lampu merah, maka rem mobil tronton itu tidak mampu menahannya, sehingga terjadi tabrakan beruntun," jelas Mukson.

Saat ini, kendaraan yang mengalami tabrakan beruntun itu sudah dilakukan evakuasi, tetapi dampaknya masih terjadi kemacetan di jalur Jembatan Kapuas II tersebut, kata Mukson.

Kabid Humas Polda Kalbar membantah informasi mengenai ada korban meninggal hingga tujuh orang atas kejadian tersebut.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013