Beasiswa dalam bentuk bantuan biaya kuliah dan uang saku diberikan kepada mereka yang berprestasi dengan indeks prestasi kumulatif diatas 3,0 namun memiliki kendala finansial,"
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 60 mahasiswa kurang mampu yang berasal dari 51 perguruan tinggi di Indonesia menerima beasiswa pendidikan untuk melanjutkan kuliahnya agar tidak terputus di tengah jalan.

"Beasiswa dalam bentuk bantuan biaya kuliah dan uang saku diberikan kepada mereka yang berprestasi dengan indeks prestasi kumulatif diatas 3,0 namun memiliki kendala finansial," kata Direktur PT BCA Finance Amirdin Halim, di Jakarta, Kamis.'

Beasiswa yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial BCA Finance untuk berperan aktif melahirkan generasi muda Indonesia berprestasi tersebut digulirkan sejak 2009.

Pada tahun 2013 ini sebanyak 60 mahasiswa memperoleh beasiswa sehingga total 208 mahasiswa berprestasi terbantu secara finansial untuk dapat menyelesaikan pendidikan S1-nya.

Dia juga menambahkan, sesuai data Biro Pusat Statistik (BPS) 2012, jumlah mahasiswa Indonesia saat ini baru mencapai 4,8 juta orang.

Bila dihitung terhadap populasi penduduk berusia 19--24 tahun, maka angka partisipasi kasarnya baru mencapai 18,4 persen.

Dari jumlah 4,8 juta ini, sekitar 6,5 persennya merupakan mahasiswa kurang mampu dan terancam putus sekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencoba mengatasinya melalui beasiswa Bidik Misi yang hingga tahun akademik 2012/2013 mencapai 88.142 mahasiswa.

Artinya masih banyak mahasiswa di Indonesia yang berpotensi untuk putus kuliah.(*)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013