Kami harapkan masyarakat mengenali dulu calon yang akan dipilih, untuk semua tingkatan,"
Pandeglang (ANTARA News) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Banten, Munawar mengharapkan masyarakat cerdas dalam memilih calon anggota legislatif.

"Kami harapkan masyarakat mengenali dulu calon yang akan dipilih, untuk semua tingkatan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia juga menyatakan pada pemilu yang akan digelar 9 April 2014 masyarakat akan memilih empat wakilnya, yakni untuk DPRD Kabupaten Pandeglang, DPRD Provinsi Banten, DPR RI dan DPD.

Menurut dia, semua data dan daftar riwayat hidup para calon anggota legislatif tersebut sudah ada, dan dipublikasikan di antaranya melalui website resmi KPU.

Dalam memilih calon wakil rakyat, kata dia, harus benar-benar sesuai hati nurani, dan pada figur yang dinilai dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Yang perlu terus disampaikan pada masyarakat, bahwa satu suara yang diberikannya akan menentukan perjalanan bangsa dan daerah ini dalam lima tahun ke depan," katanya.

Munawar menyatakan optimistis masyarakat Pandeglang akan menenukan pilihannya secara benar dan cerdas serta tidak akan bisa dipengaruhi oleh pihak manapun dan oleh apapun.

Mengenai proses pemilu, menurut dia, terus berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan KPU pusat.

"Dalam waktu dekat kami akan menetapkan anggota Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta persiapan pembentukan anggota Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS)," katanya.

Ia menyatakan anggota PPK sebenarnya sudah dilantik, tapi sesuai surat edaran dari KPU pusat, kabupaten/kota diminta untuk menetapkan kembali anggota PPK tersebut.

Mengenai anggota KPPS yang akan dibentuk, menurut dia, sebanyak tujuh orang ditambah dua orang perlindungan masyarakat (linmas).

Jika mengacu pada jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Pandeglang sebanyak 2.472 unit, anggota KPPS yang dibutuhkan mencapai 17.304 orang.

(S031/N002)

Pewarta: Sambas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014